Komponen motor yang satu ini umumnya memang dilapisi dengan krom, namun jika sering terkena hujan tentunya komponen ini akan tetap berkarat.
Jika terus dibiarkan terkena hujan, hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja dari knalpot yang menjadi tidak maksimal.
BACA JUGA:Duel Epik! Joshua vs Ngannou dalam Pertarungan Kelas Berat Menuju Gelar Tinju Dunia 2024
Selain itu, untuk menjaga perawatan mesin motor ini sebaiknya jangan biarkan knalpot kotor dalam waktu yang lama terutama setelah digunakan dalam kondisi hujan.
Shockbreaker atau Suspensi Motor
Shockbreaker atau suspensi ini juga merupakan komponen motor yang tergolong rentan untuk berkarat.
Komponen shockbreaker atau suspensi ini merupakan peredam kejut yang terletak pada bagian bawah sepeda motor.
Posisi shockbreaker berada tepat di dekat roda motor sehingga akan sering terkena air hujan, lumpur, dan pasir.
Oleh karena itulah, bagian ini dapat dengan sangat mudah berkarat yang akan menyerang pada bagian tabung shockbreaker.
BACA JUGA:Xiaomi SU7 Sangat Diperhitungkan Merebut Pasar Mobil Listrik Dunia
Dengan begitu, ini juga akan menyebabkan kerusakan pada karet dan menyebabkan oli pada sepeda motor menjadi bocor.
Jika terus dibiarkan, hal ini tentunya akan berisiko terhadap keselamatan dari pengendara pada saat menggunakan sepeda motor.
Swingarm Motor
Swingarm merupakan bagian dari komponen motor yang digunakan sebagai garpu ayun pada sepeda motor.
Komponen swingarm ini merupakan bagian dari sistem suspensi yang mempunyai fungsi untuk menopang body motor.
Posisinya komponen swingarm ini terletak pada bagian bawah sepeda motor sehingga akan dengan mudah terkena cipratan air, campuran lumpur, maupun pasir.