Pilih Mobil Listrik Murni atau Mobil Listrik Hybrid Mana yang Lebih Baik ? Simak Ulasan Ini

Rabu 15-11-2023,08:16 WIB
Reporter : Km Sofuan
Editor : Hanida Syafrina

Pada sistem penggeraknya, mobil hybrid dilengkapi dengan dua jenis mesin, yaitu mesin pembakaran konvensional (bensin atau diesel) dan mesin listrik.

Kedua mesin ini dapat bekerja secara terpisah atau bersamaan, tergantung pada kondisi penggunaan.

Sumber energi pada mobil hybrid menggunakan dua sumber energi, yaitu bahan bakar konvensional dan listrik. Mesin pembakaran konvensional digunakan saat diperlukan, dan motor listrik berfungsi sebagai pendukung atau sumber tenaga tambahan.

Meskipun memiliki opsi untuk menggunakan listrik, mobil hybrid masih memerlukan konsumsi bahan bakar konvensional. Namun, konsumsi bahan bakar ini bisa lebih efisien dibandingkan dengan mobil konvensional.

BACA JUGA:Ayo Camping di Hulu Sungai Ogan! Asik dan Menantang Bagi Jiwa-jiwa Petualang Alam Bebas

Oleh karena itu pada mobil hybrid, motor listrik didalamnya berfungsi sebagai cadangan tenaga dalam kondisi darurat.

Sehingga, kendaraan tetap perlu ke stasiun pengisian bahan bakar untuk mengisi bensin pada mesin utama yang menggerakkan mobil.

Jarak tempuh total mobil hybrid bisa lebih jauh dibandingkan mobil listrik karena memiliki mesin pembakaran konvensional sebagai cadangan. Infrastruktur pengisian bahan bakar konvensional (SPBU) tersedia luas.

Untuk harga, harga mobil hybrid lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil listrik murni. Namun, tergantung pada fitur dan teknologi tambahan yang dimiliki oleh mobil hybrid tersebut.

BACA JUGA:Ayo Camping di Hulu Sungai Ogan! Asik dan Menantang Bagi Jiwa-jiwa Petualang Alam Bebas

Mobil Listri Murni (BEV)

Mobil listrik sepenuhnya yang berbasis baterai yang tertanam dalam sasis mobil.

Dalam mobil hybrid, mesin pembakaran konvensional dapat dialihkan untuk beroperasi sebagai mesin listrik, sedangkan pada mobil listrik murni, tenaga penggerak utama berasal dari mesin listrik yang tenaganya disuplai oleh baterai yang terpasang.

Sehingga mobil ini sepenuhnya bergantung pada tenaga listrik. Baterai yang ditanam pada mobil adalah satu-satunya sumber energi untuk menggerakkan kendaraan.

BACA JUGA:Selain Kuliner Berbahan Nanas, Prabumulih Punya Makanan Khas Namanya Tahok Tutok

Pada mobil listrik mesin listrik berbasis baterai menjadi sumber tenaga utama, sehingga jika daya baterai habis, pengguna harus mengunjungi stasiun pengisian daya listrik (SPKLU) yang masih terbatas jumlahnya.

Kategori :