Ini Dia Capybara, Hewan Viral Asal Amerika yang Disebut ‘Masbro’

Ini Dia Capybara, Hewan Viral Asal Amerika yang Disebut ‘Masbro’

Capybara.-Stefan Lambauer-istockphoto.com/Stefan Lambauer

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Capybara atau Kapibara merupakan hewan yang baru-baru ini viral di media sosial. Viralnya hewan ini bermula dari unggahan youtuber asal Indonesia Jerome Polin. Ia mengunggah hewan tersebut di salah satu akun media sosialnya yakni Twitter dengan nama akun @jeromePolin, ‘Capybara LUCU BANGET’ tulis Jerome di kolom captionnya pada 14 Februari 2023 lalu.

Kapibara termasuk hewan golongan mamalia dan hewan pengerat terbesar yang berasal dari Amerika Selatan. Berat dari hewan ini berkisar 35 sampai 66 kilogram dan tingginya dapat mencapai 135 centimeter. Hewan ini terlihat seperti marmut raksasa dengan memiliki dua gigi seri yang terus tumbuh sepanjang hidupnya.

Kapibara merupakan hewan pemakan rumput dan tanaman air, serta buah-buahan dan kulit pohon. Namun ia juga termasuk hewan koprofagus yang juga memakan kotorannya sendiri di pagi hari. Hewan ini berhabitat di daerah sabana atau hutan tropis dan dekat dengan sumber air. Hewan ini juga selalu hidup berkelompok, di mana satu kelompok bisa terdiri dari dua hingga tiga puluh ekor Kapibara. Hal ini tergantung pada keadaan iklim, kondisi habitat dan padatnya populasi.

Mengutip dari situs National Geographic, Kapibara hidup di alam liar dengan rentang hidup adalah tujuh tahun. Kapibara juga kawin di dalam air dengan periode kehamilan berlangsung selama 130 hari atau hampir lima bulan.

BACA JUGA:Ada Wacana Ganti Nama Liga Sepak Bola Indonesia Lagi, Apa Alasannya?

BACA JUGA:Air Beras Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

Kapibara ini memiliki sifat yang lucu, meskipun mereka hewan liar tapi juga sangat bersahabat dengan manusia, sehingga hal ini yang membuat mereka mendapat gelar ‘masbro’ dari netizen. Sebenarnya tak ada sumber pasti dari mana asal mula panggilan ‘masbro’ tersemat kepada hewan kapibara ini.

Tersematnya panggilan tersebut juga diduga karena hewan ini sangat menggemaskan, lucu dan ramah serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Fakta ini bisa didapat dari cara hidup mereka yang selalu berkelompok dengan kawanan besar. Kapibara juga selalu menghabiskan waktu bersama untuk bermain, bersosialisasi, berpelukan, dan merawat satu sama lain. Apalagi Kapibara betina yang dikenal sangat perhatian dan penyayang, bukan hanya pada kelompok mereka tapi juga kepada spesies lain.* (Euriko Yoseph Pangaribuan, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber