Air Beras Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

Air Beras Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

Air Beras jangan Dibuang, ini Manfaatnya--superapp.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Orang Indonesia pastinya menjadikan nasi sebagai makanan pokok. “Belum makan nasi, belum kenyang”. Begitulah kurang lebih pendapat orang Indonesia mengenai makan nasi. nasi dibuat dari beras yang sudah dimasak. beras yang sudah dimasak menjadi nasi memang nikmat untuk dikonsumsi sehari-hari terutama tambahan lauk-pauk yang sedap.

Sebelum dimasak menjadi nasi, air cucian beras sangat banyak memiliki manfaat karena kandungan-kandungan yang terdapat pada air cucian beras seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, antioksidan, dan mineral.

Kandungan-kandungan ini dipercaya dapat menyuburkan tanaman, meningkatkan pertumbuhan pada tanaman, mempercepat terjadinya proses fotosintesis, memperkuat tanaman, membantu mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Selain baik untuk tanaman, air cucian beras juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena kandungan vitamin E, asam amino, dan antioksidan didalamnya dapat membuat kulit wajah dan kulit badan menjadi lebih cerah dan lebih lembut serta dapat membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah sehingga dapat menghindari kulit wajah dari jerawat.

BACA JUGA:Mitos Kucing Hitam yang Melegenda

BACA JUGA:Ingin Jadi Jurnalis? Berikut 5 Tips Menjadi Jurnalis Untuk Pemula

Cara untuk mendapatkan air kaya manfaat ini adalah dengan cara saat kalian mencuci beras, air cuciannya jangan dibuang, melainkan ditampung di ember atau diletakkan di wadah.

Namun bukan hanya air cucian beras yang memiliki seribu manfaat, air beras yang sedang dimasak atau biasa disebut dengan air tajin pun memiliki manfaat yaitu:

1. Pengganjal lapar

Air tajin ini banyak digunakan oleh orang tua yang tidak mampu untuk membeli susu untuk kebutuhan sang anak, jadi sang anak cukup diberikan air tajin karena air tajin mengandung karbohidrat didalamnya yang dianggap mampu menahan lapar pada sang anak.

2. Menjaga kesehatan rambut

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Namun, memiliki rambut yang panjang tentu saja mendatangkan berbagai masalah rambut seperti contohnya rambut rontok. Air tajin dipercaya beberapa perempuan dapat mengurangi bahkan mencegah kerontokan rambut. Selain itu, rambut kering dan juga rusak akibat berbagai macam pemakaian zat kimia dapat teratasi menggunakan air tajin.

3. Mengatasi sakit tenggorokan

Untuk kalian yang sedang terkena panas dalam, kalian dapat memnafaatkan air tajin ini guna diminum dan dianggap mampu menyembuhkan sakit tenggorokans erta meredakan rasa sakitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber