Ingin Jadi Jurnalis? Berikut 5 Tips Menjadi Jurnalis untuk Pemula

Ingin Jadi Jurnalis? Berikut 5 Tips Menjadi Jurnalis  untuk Pemula

blog.myskill.id--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Saat mendengar kata jurnalis, hal pertama yang mungkin terlintas di benak Anda adalah gambaran wajah Walter Cronkite, Dan Ho, atau Barbara Walters. Mereka semua adalah jurnalis hebat dengan reputasi yang sangat baik di dunia.

Ketiga nama ini semuanya telah mencapai posisi tinggi dalam karir mereka, tentu bukan tanpa proses, mereka telah melalui dan belajar banyak. Nah bagi yang ingin mengikuti jejaknya, setidaknya ada lima hal yang perlu dilakukan secara konsisten. Ini penjelasannya.

Mengutip dari blog.myskill.id, Bahwa ada liman Tips hal yang harus disiapkan sebelum menjadi jurnalis :

1. Mengasah Keterampilan Menulis

Ini adalah keterampilan yang paling penting yang harus dimiliki seorang jurnalis karena menulis artikel berita adalah salah satu tugas utamanya. Namun, menulis adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Perbedaannya adalah apakah hasil tulisannya berkualitas tinggi atau tidak.

Keterampilan ini dapat ditingkatkan dengan menuliskan hal-hal yang Anda sukai atau peristiwa menarik yang terjadi di sekitar Anda. Kemudian posting di blog pribadi atau kirimkan tulisan Anda ke media arus utama. Cara ini sangat efektif tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan, tetapi juga untuk mengembangkan rasa percaya diri.

BACA JUGA:Inilah yang Membuat Bali Terkenal di Dunia

BACA JUGA:Misteri Antu Banyu di Sungai Musi

2. Bekali Wawasan dengan Membaca

Seorang jurnalis harus meliput di berbagai bidang. Karena itu, sebelum terjun ke bidang ini, sebaiknya Anda mempersenjatai diri dengan berbagai wawasan. Nah, cara paling mudah untuk menambah ilmu adalah dengan membaca buku. Membaca tidak hanya dapat memberikan pengetahuan baru, tetapi juga memperluas kosa kata dan membantu dalam memahami proses menulis.

Hal-hal baru yang Anda ambil dari kegiatan ini dapat membantu Anda nanti dalam sesi wawancara, mis. B. membangun chemistry antar narasumber.

3. Pelajari bagaimana wartawan mewawancarai orang

Mewawancarai pelapor adalah salah satu tugas utama dari profesi ini. Sebagai jurnalis, Anda harus memiliki kemampuan bertanya dan berpikir kritis. Salah satu cara untuk mempelajarinya adalah dengan menonton wawancara dengan jurnalis hebat.

4. Buat Relasi (Networking) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: blog.myskill.id