Uniknya Adonan Pempek: Bisa Menjadi Beda-beda Nama Karena Cara Masak dan Variasi Bentuk

Uniknya Adonan Pempek: Bisa Menjadi Beda-beda Nama Karena Cara Masak dan Variasi Bentuk

Irisan pempek lenjer, salah satu keunikan dari adonan pempek Palembang.-Ahmad Afif-Koleksi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pempek PALEMBANG adalah salah satu hidangan kuliner tradisional yang sangat terkenal di Indonesia.

Adonan pempek terbuat dari ikan tenggiri atau gabus yang digiling halus, tepung sagu, dan bahan-bahan lainnya. Uniknya, Adonan pempek ini memiliki banyak nama pempek sesuai dengan cara masak dan variasi bentuknya.

Pempek memiliki berbagai nama, meskipun memiliki adonan dasar yang sama, namun karena variasi bentuk dan cara memasak yang berbeda, nama-nama pempek menjadi banyak, diantaranya:

1. Pempek Kapal Selam

BACA JUGA:Peduli Kesehatan Anak Didik, Kepala SD Negeri 88 Palembang Bagikan Masker Sikapi Kabut Asap

Pempek ini terkenal karena bentuknya yang mirip dengan kapal selam. Isiannya biasanya terdiri dari telur ayam yang direbus, dicampur dengan daging ikan tenggiri yang halus. Pempek kapal selam sering dihidangkan dengan kuah cuko yang khas.

2. Pempek Lenjer

Pempek ini berbentuk seperti stik panjang. Biasanya, pempek lenjer memiliki cita rasa yang lebih gurih karena bahan-bahan yang digunakan, seperti tepung terigu dan ikan tenggiri yang diolah dengan teknik khusus.

3. Pempek Adaan

BACA JUGA:Sekda OKU Selatan Paparkan Program Percepatan Penurunan Angka Stunting Bangga Kencana Provinsi Sumsel

Jenis pempek ini memiliki tekstur yang lebih padat dan keras. Pempek adaan seringkali diiris tipis-tipis dan digoreng hingga renyah. Hidangan ini cocok untuk mereka yang lebih menyukai pempek yang berbentuk keripik atau kripik.

4. Pempek Bulat

Pempek bulat adalah varian pempek yang paling umum ditemui. Mereka berbentuk bulat dan biasanya lebih besar daripada jenis pempek lainnya. Pempek bulat bisa diisi dengan berbagai macam bahan, seperti telur, udang, atau ikan tenggiri.

5. Pempek Panggang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber