271 RTLH Direnovasi, Warga Lubuk Batang Berterima Kasih Kepada Pemerintah

271 RTLH Direnovasi, Warga Lubuk Batang Berterima Kasih Kepada Pemerintah

Warga Lubuk Batang sampaikan terima kasih atas bantuan bedah rumah.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Tahun 2021 hingga tahun 2022 Pemerintah Kabupaten OKU berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 1.01 persen. Angka ini cukup tinggi untuk capaian dalam kurun waktu hanya satu tahun.

Berbagai faktor turut menyumbang untuk menekan angka kemiskinan di OKU ini, mulai dari indeks pembangunan manusia (IPM) dan program-program lainnya. Salah satu yang juga turut menyumbang penurunan angka kemiskinan di OKU melalui program ketahanan pangan dan program pengentasan kemiskinan melalui bedah rumah.

Di OKU setiap tahun lebih dari 500 unit rumah tak layak huni (RTLH) direnovasi oleh Pemkab OKU melalui Dinas PU Perkim. Program ini bersumber dari dana APBD OKU dan APBN.

Di Kecamatan Lubuk Batang OKU misalnya, di tahun 2022 lalu sebanyak 271 unit rumah direnovasi melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2022 yang bersumber dari dana APBN.

BACA JUGA:Pesona Pulau Pahawang, Wisata Andalan di Lampung

BACA JUGA:Keindahan Curup Maung, Air Terjun Memukau di Sumatera Selatan

271 unit rumah tersebut saat ini sudah diserahkan oleh Pemkab OKU yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Slamet Riyadi, didampingi Kepala Dinas PU Perkim OKU Ulia Mahdi di Kecamatan Lubuk Batang.

“Bantuan renovasi rumah ini ada dua sumber yakni APBD dan APBN. Dan saat ini kita menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat, yang bersumber dari APBN atau program BSPS,” kata Kepala Dinas PU Perkim Ulia Mahdi pada Selasa, 28 Februari 2023.

Menurut Ulia, total seluruh  RTLH yang menerima bantuan program BSPS tahun 2022 di OKU sebanyak 437 unit rumah. Sebanyak 271 unit rumah terdapat di lima Desa di Kecamatan Lubuk Batang, di antaranya Desa Banuayu 39 unit, Desa Lubuk Batang Baru 12 unit, Desa Gunung Meraksa 33 unit, Desa Bandar Agung 54 Unit, dan Desa Lubuk Batang Lama sebanyak 133 unit rumah.

“Sementara sisanya ada di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) yang telah diserahkan pada Musrenbang Kecamatan KPR beberapa waktu yang lalu. Jadi saat ini seluruh RTLH yang mendapat program ini seluruhnya sudah selesai dan sudah diserahkan kepada pemilik,” ujarnya.

BACA JUGA:Resmi Rilis Tahun 2023, Game Mortal Kombat 12 Siap Hibur Para Pecinta Game

BACA JUGA:Apa Itu Kejawen? Memahami Arti, Penjelasan dan Tradisinya

Dikatakan Ulia, besaran bantuan program BSPS sama dengan yang melalui program yang bersumber dari APBD yakni Rp20 juta per unit. Bantuan itu diperuntukan untuk rehab atap, dinding dan lantai rumah dari yang tak layak huni menjadi layak huni.

"Tujuan program ini adalah untuk pengentasan kemiskinan di OKU. Namun ini hanya stimulan dari pemerintah dan kita harapkan peran serta masyarakat juga mampu berbuat yang lainnya," harap Ulia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv