Rekomendasi Wisata Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Jamaah Haji 2023

Rekomendasi Wisata Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Jamaah Haji 2023

Gua Hira di Jabal Nur dekat Kota Makkah, Arab Saudi.-Fareez Hussin-instagram.com/@fareezhussin

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidak terasa kita akan menyambut bulan suci Ramadhan di tahun 2023. Oleh karena itu, umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah haji pada bulan Zulhijah.

Selama ini bagi sebagian umat muslim pergi ke Makkah hanya untuk menunaikain ibadah haji. Tapi tahukah kamu, di sekitar kota suci ini juga terdapat banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Seperti yang kita ketahui, kota Makkah selalu identik dengan Masjidil Haram yang menjadi kiblat utama bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Apabila kamu memiliki rencana menunaikan ibadah haji atau umrah, banyak tempat-tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di kota Makkah. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata di Makkah yang bisa kamu kunjungi.

1. Jabal Nur

BACA JUGA:Nasi Bakar Cumi dengan Cita Rasa Gurih Khas Rempah Nusantara

BACA JUGA:Catat! Puasa Hampir Tiba, Ini Tips agar Puasa Menjadi Lancar

Bagi jama’ah haji, tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan ialah Jabal Nur atau Gua Hira. Pada saat kamu berkunjung ke wisata satu ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang membentang di kawasan Hejazi. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram Makkah, dengan jarak tempuh enam kilometer sebelah utara Masjidil Haram.

Apabila kamu berkunjung ke Jabal Nur, maka anda akan menemukan tempat yang bersejarah bagi umat Islam. Pada puncak Jabal Nur inilah terdapat Gua Hira. Tempat tersebut dijadikan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai tempat persinggahan dan menenerima wahyu pertama dari Allah SWT yang disampaikan oleh malaikat Jibril berupa surat Al-Alaq.

2. Jabal Rahmah

Berikutnya ada Jabal Rahmah, merupakan salah satu tempat religi yang selalu dikunjungi para jamaah haji ketika menjalankan ibadah haji dan umrah, tempat yang banyak menyimpan peristiwa sejarah. Jabal Rahmah merupakan bukit di Arafah yang memiliki banyak sejarah bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bukit tersebut menjadi saksi sejarah umat manusia dimulai, karena di bukit inilah Adam dan Hawa bertemu setelah diturunkan ke Bumi.

BACA JUGA:Hati-hati! Warna Cat Bodi Mobil Tak Sesuai STNK Bisa Kena Tilang

BACA JUGA:Ini yang Ditunggu-tunggu Pemirsa, Umroh Bareng PALTV dan Holiday Angkasa Wisata

3. Jabal Tsur 

Bukit Tsur terletak di kawasan Kudai yang berada di tengah-tengah kota Makkah, dan hanya empat kilometer dari selatan Masjidil Haram. Tempat ini memiliki beberapa sejarah. Salah satunya ialah sebagai peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke kota Madinah. Adapun peristiwa lain yang pernah terjadi di Bukit Tsur ini, tepatnya di Gua Tsur sebelum hijrah ke Madinah, Gua Tsur dijadikan oleh Nabi Muhammad SAW bersama sahabatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq sebagai tempat persembunyian untuk menghindari dari kejaran kaum Quraisy. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam apabila anda tertarik untuk mencapai bukit ini.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: akurat.co