PPDB di Lima SMA Unggul Palembang Dipercepat

PPDB di Lima SMA Unggul Palembang Dipercepat

Situasi belajar di SMA Negeri 17 Plus Palembang.-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jalur Penelusuran Minat Prestasi Akademik dan Non Akademik atau PMPA di lima SMA Negeri unggul di Kota Palembang dipercepat. Lima sekolah tersebut ialah SMA Negeri 6 Palembang, SMA Negeri 17 Plus Palembang, SMA Negeri 1 Palembang, SMA Negeri 3 Palembang dan SMA Sumsel Palembang. jalur PMPA tersebut sudah akan dimulai dalam bulan ini.

Sejumlah SMA terbaik di Kota Palembang telah menjadi incaran jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023-2024. Bagi calon murid dan orang tua, masuk SMA unggulan dipercaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, terlebih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Menurut keterangan Erhanudin, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 17 Plus Palembang saat ditemui di ruang kerja pada Jum’at, 10 Februari 2023, sekolahnya sudah membuka PPDB jalur PMPA tanggal 19 dan 20 Februari 2023. Menurut Erhanudin, yang bisa ikut PPDB jalur PMPA hanya beberapa sekolah yang diundang. SMA Negeri 17 Plus Palembang hanya akan menerima 36 anak yang memang memiliki nilai yang bagus dan berprestasi di sekolah.

“Untuk SMA 17, untuk pendaftarannya ada dua jalur. Yang pertama jalur PMPA lalu yang kedua tes mandiri. Nah untuk jalur PMPA itu pendaftarannya dari tanggal 19 dan 20 Februari, itu khusus sekolah-sekolah yang diundang. Nah kriteria yang diundang itu tentu alumni ada di SMA Negeri 17 dengan pertimbangan-pertimbangan dengan pengamatan yang ada. Lalu untuk jalur tes mandiri nanti insya’ Allah nanti setelah seleksi PMPA kita lanjut dengan tes jalur mandiri dari tanggal 27 Februari 2023 sampai 4 Maret 2023,” jelas Erhanudin.

BACA JUGA:Pesona Banda Neira, Sepotong ‘Surga’ dari Indonesia Timur

BACA JUGA:Legenda Si Pahit Lidah dan Kutukan Batu


Erhanudin, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 17 Plus Palembang.-Irawan -PALTV

Sementara itu di hari yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palembang Fir Azwar mengatakan, sekolahnya juga termasuk melakukan PPDB lebih cepat, dimulai pada tanggal 27 Februari 2023 untuk PPDB jalur PMPA. Berbeda dari sekolah lain, Fir Azwar menjelaskan SMA Negeri 17 Plus Palembang dan SMA Negeri 1 Palembang membuka PPDB dengan dua jalur, yaitu jalur PMPA dan mandiri. Namun, di SMA Negeri 6 Palembang membuka lima jalur PPDB. Jalur tersebut adalah PMPA, mutasi, afirmasi, zonasi, dan jalur mandiri.

“Dalam PPDB tahun 2023, SMA Negeri 6 Palembang itu PPDBnya dipercepat dari sekolah-sekolah reguler yang lainnya. Itu ada lima sekolah, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Negeri 6, SMA Negeri 17, dan SMA Sumsel. Nah, di dalam pelaksanaan PPDB ini ada beberapa tahapan yang juga diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain, juknisnya sama. Tapi ada beberapa sekolah yang juga barangkali perbedaan jalur penerimaan. Mungkin kalau SMA 1, SMA 17, SMA Sumsel itu ada dua jalur, nah kita (SMA Negeri 6 Palembang, ed.) lima jalur. Jalur pertama jalur PMPA, kemudian jalur mutasi, jalur afirmasi, zonasi, dan tes mandiri,” ungkap Fir Azwar di ruang kerjanya.


Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palembang Fir Azwar usai wawancara dengan jurnalis PALTV, Jum'at 10 Februari 2023.-Irawan -PALTV

Fir Azwar juga menjelaskan mengenai jalur mutasi, afirmasi dan zonasi yang sering ditanyakan oleh masyarakat.

“Masyarakat banyak bertanya jalur mutasi itu jalur yang bagaimana? Jalur mutasi itu jalur perpindahan orang tua murid, di bawah enam bulan dia mutasi tugas ke Palembang, dia bisa masuk kategori dan masuk jalur mutasi orang tua. Kemudian jalur afirmasi itu apa? Jalur afirmasi itu jalur khusus untuk orang-orang atau anak-anak yang tidak mampu. Itu jalur afirmasi ada kuotanya lima persen. Kemudian jalur zonasi, jarak antara rumah siswa dengan sekolah,” terang Fir Azwar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv