Pesona Banda Neira, Sepotong ‘Surga’ dari Indonesia Timur

Pesona Banda Neira, Sepotong ‘Surga’ dari Indonesia Timur

Banda Neira.-repermadi-instagram.com/@repermadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia memiliki banyak wisata alam yang memiliki keindahan sangat memukau bak hidup di negeri dongeng. Keindahan alam yang dimiliki Indonesia memiliki karakteristik yang beragam di setiap daerahnya. Tidak jarang, objek wisata terkenal yang ada di Indonesia ini memuncak hingga ke mancanegara loh.

Ada banyak pulau di Indonesia ini yang memiliki wisata alam dengan pesona yang memanjakan mata kita ketika memandangnya. Tiap pulau tentu saja memiliki keindahan dan pesonanya masing-masing, sehingga banyak masyarakat Indonesia maupun turis dari berbagai negara datang dan berkunjung ke Indonesia ini.

Keindahan alam yang terpancar dari Indonesia ini tidak hanya datang dari daratan, tetapi juga dari perairan. Ada banyak pantai, sungai, danau, bahkan kolam-kolam yang keindahan dan kelestariannya masih terjaga. Semua itu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Keindahan alam tentunya tidak datang dari perairan aja loh. Pesona pegunungan, perbukitan, sawah, dan wisata alam lainnya di daerah daratan juga tak kalah memukau dari perairan.

Lalu, bagaimana jika keindahan alam di daratan dan di lautan bersatu? Begitu indah bukan? Ya, keindahan bak surga yang ada di daratan dan di lautan bersatu padu menjadi sebuah pulau di Provinsi Maluku, tepatnya di Kecamatan Banda, Kepulauan Neira. Ya, Banda Neira. Apa yang kalian pikirkan jika mendengar nama Banda Neira? Ketenangan. Ketenangan sangat identik dengan pulau ini karena suasana alamnya yang indah ditambah dengan masyarakatnya yang ramah tamah.

BACA JUGA:Legenda Si Pahit Lidah dan Kutukan Batu

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Legenda Batu Belah Batu Betangkup

Banda Neira merupakan pulau yang memiliki pesona alam sangat menakjubkan, di mana terdapat sebuah pulau dengan keindahan yang memanjakan mata, disertai dengan gunung yang menambah pesona dari pulau ini. 

Wisata Indonesia bagian timur ini kondisi alamnya masih sangat terjaga sehingga menjadikan pulau Banda ini ingin dikunjungi banyak orang. Tidak jarang masyarakat Indonesia menyebut bahwa pulau Banda ini merupakan ‘sepotong surga dari timur’. Tidaklah berlebihan dengan sebutan itu mengingat pesona pulau ini yang sangat indah dari segi lautnya serta panorama pegunungannya.

Salah satu ikon wisata yang kalian temukan ketika mengunjungi kepulauan Banda ini, kalian akan dibuat takjub dengan pemandangan pada puncak Gunung Api di Banda Neira ini. Gunung Api tersebut masih sangat aman untuk didaki meski pada saat ini stasus masih aktif. Gunung Api pada Kepulauan Banda ini mempunyai ketinggian kurang lebih 1.955 kaki atau 656 meter jika diukur dari atas permukaan laut.

Tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya, Banda Neira ini termasuk kota yag menghasilkan rempah-rempah terbesar di Indonesia. Ada banyak negara-negara luar yang memperebutkan pulau ini karena pulau ini menghasilkan rempah-rempah yang sangat melimpah. Pala dan cengkeh merupakan rempah-rempah yang paling banyak dihasilkan di pulau ini.

BACA JUGA:Patung Sigale-gale yang Menarik Perhatian di Pulau Samosir

BACA JUGA:Keunikan Suku Baduy Dalam yang Jarang Diketahui

Selain penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia, kepulauan Banda ini juga menyimpan nilai sejarah yang sampai saat ini masih terjaga dan sangatlah kental. Kepulauan Banda pernah menduduki warisan dunia yaitu UNESCO pada zaman dahulu. Tidak hanya menduduki UNESCO, kepulauan Banda ini juga menjadi sebuah sejarah dunia pada jaman kolonial mengenai sumber daya alamnya yang melimpah ruah.

Keindahan yang ada pada Kepulauan Banda ini sangat direkomendasikan jika kalian membutuhkan tempat healing terbaik. “Jangan mati sebelum ke Banda” dan “Dengerin Lagu Banda Neira di Banda Neira Langsung “ merupakan janji yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya kalangan milenial agar suatu saat mereka dapat mendatangi surganya Indonesia Timur ini.* (Nabilla Imandha, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber