Selain Dapat Mencegah Kanker Payudara, Ini 4 Manfaat Lainnya Buah Nanas Bagi Kesehatan Wanita

Selain Dapat Mencegah Kanker Payudara, Ini 4 Manfaat Lainnya Buah Nanas Bagi Kesehatan Wanita

Buah nanas.-Security-pixabay.com/Security

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa yang tidak mengenal buah nanas? Salah satu buah tropis yang berasal dari daerah belantara Amerika Selatan, tepatnya di daerah Brazil dan Paraguay.

Merujuk data komposisi pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan, terdapat 88,9 gram kandungan air dari 100 gram buah nanas segar. Tak heran, buah nanas dapat menyegarkan tenggorokan pada saat cuaca panas.

Bukan hanya memiliki tinggi kandungan air, buah nanas juga kaya akan zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, serat, mangan, fosfor, dan tembaga.

Mungkin bagi sebagian orang banyak yang menyukai buah nanas, tanpa terkecuali bagi wanita. Biasanya sebagian wanita suka menghindari makan buah nanas, karena dapat memicu keputihan dan masalah organ intim.

BACA JUGA:Batu Megalitikum, Warisan Zaman Prasejarah di Pasemah yang Mendunia

Namun, bagi yang belum mengetahuinya, buah nanas terdapat banyak sekali manfaatnya untuk wanita, salah satunya dapat menurunkan resiko kanker payudara.

Pada tahun 2020, menurut data Global Cancer Observatory terdapat 65.858 kasus baru kanker payudara yang terjadi pada wanita dari berbagai kalangan usia di Indonesia.

Buah nanas sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan resiko kanker payudara. Kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas, dapat membantu meningkatkan kinerja obat sisplatain yang dapat digunakan untuk membunuh sel tumor payudara.

Hal tersebut berdasarkan studi lain pada 2019 dalam jurnal Nutrition and Metabolism menemukan bahwa pemberian cuka nanas pada tikus dapat membantu mengurangi perkembangan tumor payudara.

BACA JUGA:Manfaat Tersembunyi dari Bunga Saffron yang Jarang Diketahui

Namun, studi tersebut dilakukan pada hewan dan efeknya belum diuji pada manusia. Kemungkinan manfaat dari kandungan enzim bromelain pada buah nanas belum memberikan manfaat yang signifikan untuk menurunkan resiko kanker payudara.

Lalu apa saja manfaat lain dari buah nanas untuk kesehatan wanita? Melansir dari artikel berjudul "Manfaat Buah Nanas untuk Wanita, Bisa Cegah Kanker Payudara" dimuat laman hellosehat.com, inilah empat manfaat lainnya buah nanas selain mencegah kanker payudara, yaitu menjaga kesehatan kulit, melindungi dari osteoporosis, mendukung kesehatan ibu hamil dan janin, dan membantu pemulihan usai persalinan.

1. Menjaga kesehatan kulit

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bersifat sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit pada wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com