Perahu Ketek Selalu Jadi Pilihan Transportasi ke Pulau Kemaro Rayakan Cap Go Meh

Perahu Ketek Selalu Jadi Pilihan Transportasi ke  Pulau Kemaro Rayakan Cap Go Meh

Perahu ketek, salah satu moda transportasi di perairan Sungai Musi, Palembang.-Aji Delia-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bagi anda yang ingin berwisata atau merayakan Cap Go Meh 2023 di Pulau Kemaro PALEMBANG, tentunya anda membutuhkan alat transportasi perairan yang dapat digunakan mencapai Pulau Kemaro. Nah, salah satu transportasi air yang biasa membawa penumpang menyusuri Sungai Musi hingga ke Pulau Kemaro adalah perahu ketek.

Jika dari Seberang Ilir, perahu ketek ini dapat dijumpai di tempat mangkalnya di Dermaga 16 Ilir Palembang atau di Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB). Sedangkan di Seberang Ulu, penumpang bisa naik dari Dermaga 7 Ulu di bawah Jembatan Ampera.

Ditemui di Dermaga 16 Ilir pada hari Senin, 30 Januari 2023, Dayat seorang serang atau supir perahu ketek mengatakan, ia biasa mengantar penumpang ke Pulau Kemaro. Tarif yang Dayat kenakan Rp20 ribu per orang. Selain tarif per orang, penumpang bisa juga menyewa perahu ketek Dayat. Untuk satu perahu, Dayat pasang harga Rp200 ribu satu kali perjalanan. Sedangkan untuk sewa pergi dan pulang, Dayat mematok biaya Rp300 ribu.

Menurut Dayat, di hari biasa ini penumpang terbilang masih sepi. Biasanya ramai saat liburan atau ada momen tertentu, seperti dalam waktu dekat ini ada perayaan Cap Go Meh. Meskipun untuk ke Pulau Kemaro disediakan jembatan dan kapal gratis, dirinya biasanya masih kebagian rezeki. Saat Cap Go Meh, menurut Dayat biasanya penumpang ramai saat pulang dari perayaan. Masyarakat pulang lebih memilih naik perahu ketek untuk menghindari berdesak-desakan dengan pengunjung Pulau Kemaro lainnya.

BACA JUGA:Perampok Bersenpi di Minimarket Gelumbang Berhasil Ditangkap

BACA JUGA:Wow! Banjir Buah Duku di Kawasan Bawah Jembatan Ampera 7 Ulu Palembang


Dayat, serang atau supir perahu ketek yang mangkal di Dermaga 16 Ilir, Palembang.-Aji Delia-PALTV

“Hari ini sudah banyak yang menyeberang ke Pulau Kemaro. Biasanya penumpang mulai ramai pada tanggal 3 Februari nanti. Tapi alhamdulillah kemarin dapat pemasukan Rp200 ribu,” ungkap syukur Dayat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv