7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 7 Bikin ‘Manyun’

7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 7 Bikin ‘Manyun’

Mungkin dia lelah begadang kerjakan PR.-lograstudio-pixabay.com/lograstudio

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Begadang bagi beberapa orang sudah menjadi kebiasaan dengan beragam latar belakang penyebabnya, seperti memiliki gangguan sulit tidur malam atau keasikan berkumpul dengan teman-teman hingga mengabaikan waktu tidur yang tepat.

Kebiasaan begadang ini bila terlalu sering dilakukan dapat membuat kondisi tubuh mengalami penurunan kesehatan. Bahkan dapat mengundang berbagai macam penyakit, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Tentunya ini merugikan diri.

Terlalu sering begadang juga dapat mempengaruhi kondisi emosi dan psikologis. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan.

Pada umumnya, orang dewasa memerlukan tidur tujuh sampai sembilan jam dalam sehari. Namun, bagi orang yang sering begadang, jam tidurnya bisa kurang dari enam jam bahkan ada yang sampai tidak tidur sama sekali.

BACA JUGA:Tips Cara Hidup Sehat dan Sederhana yang Bisa Diterapkan, Renungkan Nomor 4

BACA JUGA:Gempar! Malam Pertama Pengantin Ditemani Keluarga di Kamar

Salah satu efek samping yang dialami tubuh akibat begadang atau kurang tidur adalah rusaknya struktur kolagen dalam kulit. Masalah pada kulit pun bermunculan, seperti garis kerutan pada wajah, bertabur jerawat, kantung mata menghitam menyerupai mata panda, dan lain sebagainya.

Selain menyebabkan masalah pada kulit, begadang dapat pula menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Melansir dari artikel berjudul "Ini 7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!" dimuat laman siloamhospitals.com pada 7 Desember 2022, gangguan kesehatan tersebut sebagai berikut:

1. Memicu obesitas

Efek samping dari begadang adalah dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh hormon gherlin dan leptin yang mengatur rasa lapar dan kenyang, pada saat tubuh dipaksa untuk begadang, tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk memproduksi hormon tersebut. Akibatnya, tubuh akan mudah merasa lapar sehingga membuat konsumsi makanan tidak terjaga. Jadi yang perlu anda lakukan adalah atur waktu tidur.

BACA JUGA:5 Alasan Janda Tidak Mau Menikah Lagi, Nomor 2 Bikin Mewek!

BACA JUGA:Rayakan Imlek dengan Sajikan Kue Keranjang Goreng? Begini Cara Bikinnya

2. Menyebabkan masalah mental

Sebelum terjadi masalah mental pada diri, maka harus segera dicegah karena ini termasuk masalah serius, yang mengakibatkan diri menjadi stres dan depresi. Efek dari begadang itu sendiri, tubuh memproduksi dalam jumlah banyak hormon kortisol yang memicu terjadinya stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siloamhospitals.com