Awal Tahun 2023, Harga Ikan Laut Mulai Merangkak Naik

Awal Tahun 2023, Harga Ikan Laut  Mulai Merangkak Naik

Penjual ikan dan pembeli di Pasar Induk Palembang.-Irawan -paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Akibat curah hujan yang masih  tinggi membuat harga ikan laut  mulai naik di pasaran Kota Palembang. Kini harga ikan laut mencapai Rp26 ribu hingga Rp28 ribu per kilogram pada Selasa, 10 Januari 2023.

Awal tahun 2023 ini, sejumlah pedagang ikan laut di Pasar Induk Palembang tepat berada di Jalan Pangeran Ratu Jakabaring, mengalami kesulitan mendapatkan ikan laut segar. Hal ini akhirnya berdampak pada harga ikan laut yang melonjak naik.

Menurut pengakuan Vira salah satu pedagang ikan di Pasar Induk Palembang, kenaikan ini akibat cuaca buruk dan ombak laut tinggi sehingga para nelayan tidak bisa melaut, serta pasokan ikan pun menjadi berkurang di pasar dan berdampak pada harga ikan yang mahal.

“Cuaca buruk dan ombak yang tinggi di laut membuat harga ikan laut di pasaran ini jadi naik drastis, dan juga pasokan ikan laut di pasar sedikit dibandingkan hari biasa,“ keluh Vira.

BACA JUGA:Lima Pemuda di Bayung Lencir Curi Dua Ekor Sapi

BACA JUGA:Kabar Gembira! Arab Saudi Hapus Pembatasan Covid-19 di Musim Haji Tahun Ini

Meski harga ikan saat ini naik, Vira tidak memutuskan untuk berhenti berjualan. Dirinya memilih bertahan dan pasrah dengan harga ikan laut saat ini. Di mana semula dijual Rp24 ribu kini naik menjadi Rp28 ribu per kilo.

“Memilih bertahan dan pasrah, untuk harga ikan laut saat ini. Di mana semula dijual Rp24 ribu kini naik menjadi Rp28 ribu per kilonya," ujar Vira lirih.

Vira hanya berharap penurunan harga ikan segera terjadi untuk mengembalikan omset pendapatannya.

Sementara itu Sumiati Basrin, salah satu pembeli ikan laut mengatakan, biasanya membeli dua kilogram untuk satu minggu. Namun, sejak harganya tinggi ia terpaksa mengurangi pembelian dan hanya membeli satu kilogram saja.

BACA JUGA:Pj Bupati OKU: Asal Muasal Orang Sumatera dari Gua Harimau

BACA JUGA:Inilah Resep Makanan Donat Indomie yang Sedang Hits

“Sejak harga ikan naik terpaksa mengurangi pembelian, biasanya beli dua kilogram kini hanya satu kilogram,“ ujar Sumiati.

Tak hanya ikan laut, berbagai macam ikan di Pasar Induk Palembang juga mengalami kenaikan harga yang berbeda-beda tergantung jenis ikannya. Kenaikan rata-rata mulai dari Rp2 ribu sampai Rp10 ribu dari harga normalnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id