Kabar Gembira! Arab Saudi Hapus Pembatasan Covid-19 di Musim Haji Tahun Ini

Kabar Gembira! Arab Saudi Hapus Pembatasan Covid-19 di Musim Haji Tahun Ini

Jamaah haji asal Sumsel-Babel pulang dari tanah suci tahun 2022 -Okta Alfarisi-PALTV.CO.ID

JAKARTA, PALTV.CO.ID - Ini kabar gembira bagi para jamaah haji di seluruh Dunia. Mulai musim haji tahun ini, Arab Saudi akan menghapus segala pembatasan terkait Covid-19.

Kabar ini tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh calon jamaah haji mengingat selama ini aktivitas jamaah haji dibatasi akibat wabah Covid-19.

Kabar  gembira ini diumumkan langsung oleh Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi pada hari Senin (9/1). Arab Saudi tahun ini juga akan menerima jemaah dengan jumlah yang setara dengan yang mereka terima di masa sebelum pandemic alias kembali normal. 

Dikutip dari berbagai sumber, di tahun 2019 Arab Saudi membuka pintu untuk sekitar 2,6 juta jemaah haji. Di tahun 2020 dan 2021 Arab Saudi hanya mengizinkan jumlah terbatas dari penduduknya. Arab Saudi mulai berani membuka pintu kedatangan dari luar negeri pada tahun 2022 meski jumlahnya dibatasi hanya 1 juta jemaah. 

Untuk musim haji 2022, hanya jemaah berusia 18 sampai 65 tahun yang telah divaksinasi lengkap dan tidak menderita penyakit kronis yang diizinkan untuk berhaji.

BACA JUGA:Upaya Penghapusan Hutang Pelanggan PDAM di Muara Enim Sebesar Rp23 Miliar

BACA JUGA:Pj Bupati OKU: Asal Muasal Orang Sumatera dari Gua Harimau

Sementara di tahun 2023 ini jumlah jamaah haji yang diterima kembali normal kembali dan tidak ada pembatasan jamaah haji lantaran wabah Covid-19.

Dari Siaran Pers Kementerian Agama Senin 9 Januari 2023, Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Kesepakatan tersebut ditandatangani hari ini oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah.

Ikut menyaksikan, Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi, Dirjen Penyenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah. Hadir juga Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali, Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Dalam kesempatan itu, Menag juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk Yang Mulia Raja Salman dan Pangeran Muhammad Bin Salman. Selama ini, Indonesia dan Arab Saudi menjalin hubungan yang sangat erat. 

"Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah," jelas Menag di Jeddah, Minggu (8/1/2023).

"Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota," sambungnya.

BACA JUGA:Wakil Walikota Palembang Datangi Lokasi Kebakaran Gedung Polsri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber