Sebelum Memutuskan Mengambil Perumahan, Perhatikan Empat Hal Ini

Sebelum Memutuskan Mengambil Perumahan, Perhatikan Empat Hal Ini

Ilustrasi perumahan.-pixabay.com/AbsolutVision-

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Memiliki sebuah rumah tentu menjadi idaman banyak orang, terutama bagi yang baru berumah tangga, atau keluarga yang ingin hidup mandiri lepas dari tanggungan orang tua.

Keinginan memiliki rumah kadang terbentur dengan pertimbangan kondisi perumahan atau jarak tempuh dengan tempat kerja.

Namun, selain dua pertimbangan itu, ada hal-hal penting lainnya yang patut pula diperhatikan & menjadi pertimbangan.

Agar tidak menjadi penyesalan di kemudian hari, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut dalam memilih perumahan:

1. Sumber air

Sumber air menjadi hal penting bagi sebuah rumah. Sebagian besar kebutuhan rumah tangga menggunakan air. Mulai dari mandi, memasak, mencuci pakaian, mencuci kendaraan, menyiram kotoran rumah tangga, hingga menyiram tanaman hias. Oleh karena itu, perlu diperhatikan apakah di perumahan tersebut sudah tersedia fasilitas PDAM atau sumur. Perhatikan pula apakah sumber air tersebut cukup baik dan tidak bermasalah.

Perumahan sekarang ini kebanyakan dibangun di atas lahan timbunan sawah atau rawa. Oleh karena itu air sumurnya biasanya sering berbau lumpur dan berkarat, sehingga airnya tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau ada aliran PDAM mungkin bukan masalah, nah yang jadi masalah kadang aliran PDAM ini belum merata. Sebagus dan strategis apa pun rumah kita, jika airnya susah tentu sangat menyusahkan sekali.

2. Sinyal provider

Untuk zaman sekarang, sinyal sudah merupakan kebutuhan pokok. Tanpa sinyal segala hal termasuk pekerjaan bakalan terhambat. Oleh karena itu ketika memilih rumah, pastikan provider yang kita gunakan memiliki sinyal yang bagus dan mendukung. Jangan sampai gara-gara sinyal jelek, komunikasi telepon seluler dan berselancar di internet menjadi terhambat.

3. Saluran pembuangan air

Saluran pembuangan air juga sangat penting dalam sebuah perumahan. Sebelum membeli, pastikan saluran pembuangan air di rumah kita mengalir secara sehat. Artinya, pembuangan dari dalam ke luar lancar dan tidak mampet. Pastikan juga posisi paralon lebih tinggi dari selokan. Karena kalau rata, tak menutup kemungkinan saat hujan deras dan selokan penuh airnya akan balik masuk.

Begitu juga saluran air di luar seperti selokan. Pastikan selokan mengalir dengan baik. Meski kelihatan sepele, ini cukup meresahkan, apalagi kalau posisi rumah kita di tengah. Lebih baik pikir ulang jika mengambil perumahan dengan drainase yang buruk.

4. Tabiat dan kebiasaan tetangga

Kenyamanan sebuah rumah tinggal bukan hanya dari segi fisik bangunan, tata ruang dan fasilitas yang tersedia. Kenyamanan dapat pula tercipta berkat lingkungan yang kondusif, termasuk tetangga terdekat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan tabiat dan kebiasaan calon tetangga. Kita patut bersyukur jika tetangga terdekat punya tabiat dan kebiasaan baik, ramah, dan suka menolong. Jika calon tetangga kita termasuk orang yang berperangai buruk, suka membuat keributan, dan parkir mobil sembarangan di depan rumah karena belum punya garasi, maka patut dipertimbangkan lagi untuk tinggal di perumahan itu. Kebayang kan tinggal di lingkungan yang bisa bikin pusing dan stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mojok.co