Ini yang Harus Dihindari Ketika Latihan Angkat Beban

Ini yang Harus Dihindari Ketika Latihan Angkat Beban

Beberapa hal harus dihindari saat latihan angkat beban agar tidak cedera.-Pexels-pixabay.com/Pexels

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Latihan angkat beban memiliki manfaat untuk kebugaran tubuh dan membakar lemak serta memperkuat seluruh otot dalam diri. Selain itu, Latihan ini juga dapat memperbaiki detak jantung, meningkatkan keseimbangan tubuh dan memperbaiki sendi-sendi.

Setiap orang baik pria maupun perempuan, baik tua maupun muda, bisa mendapat manfaat positif dari latihan angkat beban.

Namun, melakukan latihan angkat beban tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika melakukan angkat beban. Hal ini dilakukan agar dapat menghindarkan diri dari cedera.

Nah, berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika ingin melakukan latihan angkat beban.

BACA JUGA:Tradisi ‘Ngidang Ngobeng’ Palembang di Kampung Sayur 26 Ilir

BACA JUGA:Layar Taman Palembang Menginspirasi Lewat Pemutaran Film Pendek Karya Anak Bangsa

1. Tidak melakukan pemanasan

Melakukan pemanasan merupakan bagian yang sangat penting dari rutinitas latihan beban. Menurut National Health Service UK, melakukan aktivitas pemanasan dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah yang memungkinkan banyak oksigen mencapai otot. Aktivitas ini juga dapat mengaktifkan korelasi antara saraf dan otot yang meningkatkan efisiensi gerak. Sehingga, apabila tidak melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan angkat beban akan memicu terjadinya cedera.

2. Berlatih saat cedera

Untuk kesalahan yang kedua adalah kurangnya memperhatikan kondisi tubuh kita. Ketika melakukan latihan angkat beban, maka tubuh akan merasa sakit. Hal itu merupakan suatu yang wajar. Namun, apabila tubuh sedang cedera, maka jangan meneruskan kegiatan tersebut. Hal ini akan berdampak fatal apabila kamu meneruskan latihan angkat beban dengan kondisi tubuh yang cedera.

BACA JUGA:Desfa Anjani Bocah Pasien Usus Buntu Meninggal Setelah Tiga Kali Gagal Operasi Bedah

BACA JUGA:Manfaat Lidah Buaya Bagi Tubuh

3. Salah melakukan pernapasan

Menahan napas sambil melakukan aktivitas berat seperti itu merupakan hal yang wajar dan sering dialami. Namun, sebenarnya itu adalah tindakan yang berbahaya bagi diri, sebab hal itu akan membuat tekanan darah dalam tubuh terjadi peningkatan yang cukup cepat. Seperti yang sudah-sudah, peningkatan dalam tekanan darah dapat memicu hernia, bahkan yang lebih parah bisa kehilangan kesadaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber