Tradisi ‘Ngidang Ngobeng’ Palembang di Kampung Sayur 26 Ilir

Tradisi ‘Ngidang Ngobeng’ Palembang di Kampung Sayur 26 Ilir

Tradisi 'ngidang ngobeng' di acara ruwahan kampung di Kampung Sayur 26 Ilir Palembang, Sabtu (18/3/2023).-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menyambut bulan suci Ramadan yang tinggal hitungan beberapa hari lagi, Kampung Sayur 26 Ilir PALEMBANG melakukan kegiatan ruwahan Kampung pada hari Sabtu, 18 Maret 2023.

Menariknya, warga Kampung Sayur 26 Ilir menyajikan makanngidang ngobengkhas Palembang. Dengan penyajian “ngidang ngobeng”, warga Kampung Sayur 26 Ilir berupaya melestarikan tradisi makan ala Palembang yang kini jarang dijumpai.

Menurut keterangan Rudi Hasyam pengagas Kampung Sayur 26 Ilir Palembang, kegiatan ruwahan kampung untuk menyambut bulan suci Ramadan seperti ini selalu dilakukan setiap tahun di Kampung Sayur 26 Ilir. Namun di tahun ini, dirinya sebagai tuan rumah sengaja menyajikan makan dengan cara ‘ngobeng’ atau ‘ngidang’.

“Acara kita setiap tahun kita laksanakan, tradisi ibu-ibu Kampung Sayur kita awali dengan do’a bersama, baca Yasin, terus dilanjutkan dengan hiburan sebagai bentuk rasa gembira menyambut bulan suci Ramadan dan dilanjutkan makan bersama dengan ala Palembang yaitu kita makan ‘ngobeng’ atau ‘ngidang’. Jadi supaya menghidupkan kearifan lokal, tradisi-tradisi Palembang yang selama ini mungkin sudah tidak tergali atau sudah tidak muncul ke permukaan lagi,” ungkap Rudi.

BACA JUGA:Layar Taman Palembang Menginspirasi Lewat Pemutaran Film Pendek Karya Anak Bangsa

BACA JUGA:Desfa Anjani Bocah Pasien Usus Buntu Meninggal Setelah Tiga Kali Gagal Operasi Bedah


Pembacaan Yasin bersama pada acara ruwahan kampung di Kampung Sayur 26 Ilir Palembang, Sabtu (18/3/2023).-Irawan -PALTV

Sementara itu Sekcam Bukit Kecil, Yuli Mulyani, mendukung penuh kegiatan tradisi yang dilakukan Kampung Sayur 26 Ilir ini. Yuli berharap kegiatan mengangkat tradisi Palembang ini dapat pula dilakukan di kampung-kampung lain di wilayah Kecamatan Bukit Kecil.


Tradisi 'ngidang ngobeng' khas masyarakat Palembang dilakukan di Kampung Sayur 26 Ilir Palembang, Sabtu (18/3/2023).-Irawan -PALTV

“Acara ini memang sudah dilaksanakan setiap tahun, rutinitas ya dari warga setempat yang antusiasnya saya lihat cukup tinggi. Dan merupakan satu motivasi juga bagi RT, RW yang berada di Kelurahan maupun di Kecamatan Bukit Kecil untuk bisa melakukan kegiatan seperti ini,” ujar Yuli.

Dalam menyambut bulan puasa, warga Kampung Sayur 26 Ilir berkumpul dan berdo’a serta saling memaafkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv