3 Masjid dengan Gaya Arsitektur Unik di Indonesia

3 Masjid dengan Gaya Arsitektur Unik di Indonesia

Masjid Istiqlal, Jakarta.--instagram.com/@jayasharma07

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Wisata religi identik dengan tempat ibadah yang menyimpan banyak sejarah. Tidak hanya tempat bersejarah saja yang menarik untuk dikunjungi, namun terdapat beberapa masjid yang menarik. Mulai dari nilai konsep yang berbeda, desain arsitektur hingga akulturasi budaya. Berikut ini beberapa masjid dengan desain arsitektur unik di Indonesia.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Masjid dengan gaya arsitektur unik yang pertama ialah Masjid Istiqlal. Apabila anda berkunjung ke Jakarta, tidak lengkap rasanya kalau melewatkan kunjungan ke masjid yang ada di kawasan Jakarta Pusat.

Di kawasan Asia Tenggara, Masjid Istiqlal ini menjadi masjid terbesar. Bangunan Masjid Istiqlal mampu menampung jemaah hingga 200.000 orang. Selain itu, suasana ketika matahari terbenam di kawasan Masjid Istiqlal menambah nilai keindahan tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan.

BACA JUGA:Rumah Adat dengan Bentuk Unik di Indonesia

BACA JUGA:Ingin Memelihara Ikan Hias? Ini Caranya

2. Masjid Menara Kudus, Kudus, Jawa Tengah

Bentuk Menara Masjid Kudus merupakan pencampuran agama Islam, Hindu dan Buddha. Sunan Kudus yang merupakan salah satu Walisongo serta para penyebar agama Islam di Pulau Jawa memiliki peran besar saat pembuatan masjid ini.

Masjid Menara Kudus mempunyai bangunan berupa gapura, prasasti, serta menara dengan ukiran khas Jawa Kuno-Hindu, dan juga 8 pancuran untuk wudhu yang diletakkan di arca, yang memiliki dasar adaptasi dari keyakinan Buddha, yaitu ‘Delapan Jalan Kebenaran’ atau Asta Sanghika Marga yang menjadi bentuk ragam toleransi dari berbagai agama.

3. Masjid Agung Banten, Serang, Banten

BACA JUGA:Mini Soccer dan Futsal, Sama-sama Bola, Lalu Apa Bedanya?

BACA JUGA:Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!

Masjid dengan gaya arsitektur unik lainnya ialah Masjid Agung Banten. Masjid tersebut merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Keunikan dari bangunan masjid ini ialah memiliki atap bertumpuk lima, yang menyerupai bangunan bertingkat yang umumnya ditemukan di kuil atau dengan nama lain bangunan pagoda.

Masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan Raja pertama Kesultanan Banten dan merupakan putra Sunan Gunung Jati. Selain digunakan sebagai tempat beribadah, terdapat komplek makam para Sultan yang dapat anda kunjungi ketika berada di kawasan Masjid Agung Banten.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber