Mini Soccer dan Futsal, Sama-sama Bola, Lalu Apa Bedanya?

Mini Soccer dan Futsal, Sama-sama Bola, Lalu Apa Bedanya?

Mini Soccer dan Futsal, Sama-Sama Bola, Lalu Apa Bedanya?--PALTV.CO.ID

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bola kaki adalah olahraga yang paling disenangi oleh anak-anak muda terutama kaum lelaki. Bola kaki tidak harus dimainkan di lapangan sepak Bola saja.

Saat ini sudah banyak pilihan tempat bermain sepak bola dengan berbagai ukuran. Mungkin bagi sebagian dari kalian akan berpikir dua kali untuk bermain di lapangan sepak bola seperti stadion bersama teman-teman kalian. Selain biaya sewa yang mahal, bermain di stadion juga membuuthkan banyak pemain.

Oleh sebab itu sekarang sudah ada yang namanya futsal, dimana lapangan futsal jauh lebih kecil daripada lapangan sepak bola. Selain biaya sewa yang lebih murah, bermain di lapangan futsal juga tidak memerlukan pemain yang terlalu banyak. Selain futsal, juga ada yang namanya mini soccer

Lalu, apa perbedaan antara futsal dan mini soccer?

1. Perbedaan ukuran lapangan

Lapangan sepak bola pada standar nasional umumnya adalah 105 meter x 68 meter. Untuk lapangan mini soccer, umumnya berukuran 12,5 x 25 meter, dan lapangan futsal 25 x 15 meter. 

BACA JUGA:Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!

BACA JUGA:Pesona Gardu Pandang Kaliurang, Objek Wisata di Sleman Yogyakarta

2. Jenis lapangan

Jenis lapangannya pun berbeda diantara kedua permainan bola tersebut. Lapangan bola mini soccer menggunakan rumput asli, namun tidak sedikit juga yang menggunakan rumput sintesis. Lapangan futsal menggunakan alas yang berupa karet ataupun vinyl, karpet plastik, bahkan ada yang menggunakan kayu sebagai alas lapangannya. 

3. Ukuran bola

Mini soccer menggunakan bola yang berukuran nomor 5 yang memiliki berat antara 410 hingga 450 gram. sedangkan futsal, menggunakan bola nomor 4 dimana berat bolanya antara 400 hingga 440 gram. pemilihan bola ini pun dapat lebih mudah dikuasai pemain dan mempercepat durasi permainan.

4. Jumlah pemain

Pemain mini soccer biasanya terdiri dari lima pemain, sementara futsal dimainkan mulai dari tujuh hingga sembilan orang per timnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber