Cara Merawat Ikan Arwana di Akuarium bagi Pemula

Cara Merawat Ikan Arwana di Akuarium bagi Pemula

Cara Merawat Ikan Arwana di Akuarium bagi Pemula--unair.ac.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pecinta ikan hias pasti banyak yang menginginkan untuk memelihara ikan arwana. Ikan hias air tawar yang satu ini tentu saja memiliki ciri khasnya tersendiri bagi pecinta ikan hias.

Namun, memelihara ikan arwana tidak semudah yang kita kira. Arwana banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias di dalam akuarium yang sudah di desain khusus untuk kehidupan arwana.

Berikut cara mudah memelihara ikan arwana bagi pemula

1. Pilih ukuran akuarium yang sesuai

Tempat kalian meletakkan ikan arwana peliharaan kalian kelak haruslah diperhatikan secara seksama. Seperti yang kita ketahui, ikan arwana bukan ikan hias yang kecil. Ikan arwana di alam bebas dapat tumbuh dengan panjang badan mencapai satu meter.

Oleh sebab itu pastikan akuarium kalian tidak terlalu sempit dan mengganggu keleluasaan pergerakan ikan arwana kalian. Jangan lupa untuk menutup bagian atas akuarium kalian karena apabila tidak ditutup, maka terkadang ikan arwana akan melompat keluar akuarium.

BACA JUGA:Banyak Kecoa di dalam Rumah Kalian? Lakukan Hal Ini untuk Mengusirnya

BACA JUGA:Tidak Percaya Diri dengan Warna Kulitmu yang Gelap? Berikut Tips Memutihkan Warna Kulit yang Gelap

2. Penempatan posisi akuarium

Memang untuk memelihara arwana harus teliti, jeli, serta hati-hati. Salah menempatkan posisi akuarium pun dapat berpengaruh pada ikan arwana kalian. Jangan letakkan akuarium ditempat yang sering dilalui oleh manusia.

Arwana akan cepat stress apabila ia terletak didekat manusia karena ia merasa terancam. Hal ini mempengaruhi warna tubuh pada ikan arwana. Warna dasar ikan tersebut dapat berubah dan memudar apabila ia stress terus menerus.

Alangkah baiknya apabila ikan arwana kalian terkena sinar matahari pagi dan sinar matahari sore guna perkembangan warna pada tubuh ikan arwana. Namun, penerimaan cahaya yang berlebih akan membahayakan ikan arwana pula. Oleh sebab itu, selalu perhatikan sinar matahari yang masuk ke akuarium.

3. Memperhatikan isi akuarium

Sama seperti manusia, akuarium yang terlalu polos dapat membuat ikan arwana menjadi bosan karena ia terbiasa hidup di alam bebas yang penuh dengan kehidupan. Kalian dapat menambahkan pasir pada dasar akuarium. Pasir yang digunakan pun haruslah pasir dari sungai karena masing mengandung humus.

Sumber: berbagai sumber