Tips Mencegah Bau Mulut yang Sering Terjadi Saat Puasa

Tips Mencegah Bau Mulut yang Sering Terjadi Saat Puasa

Bau mulut yang mengganggu sering membuat seseorang tidak percaya diri.-SIphotography-pixabay.com/SIphotography

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Ketika berpuasa, bau mulut menjadi masalah yang cukup mengganggu dan membuat seseorang kurang percaya diri. bau mulut kurang sedap akibat dari tidak makan dan minum selama berjam-jam, dan dapat menyebabkan mulut kering.

Ketika berpuasa, kita tidak menerima asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut. Dengan begitu, produksi air liur berkurang. Padahal air liur secara alami sangat berguna untuk area rongga mulut dengan cara membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal. Hal tersebut karena air liur memiliki kandungan enzim anti-bakteri alami. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini tips untuk menjaga rasa percaya diri selama bulan puasa

1. Sikat gigi

Salah satu langkah paling sederhana untuk mengatasi bau mulut saat puasa ialah sikat gigi. Setelah sahur, sikat gigi secara menyeluruh menggunakan teknik yang benar. Hal tersebut dapat mencegah sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Selain itu, sikat gigi juga sangat penting dilakukan ketika Anda selesai berbuka atau sebelum tidur. Gunakanlah pasta gigi yang bersifat anti bakteri.

2. Berkumur dengan mouthwash

Sikat gigi saja belum cukup untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Berkumur dengan mouthwash juga sangat efektif dalam melawan bakteri yang kemungkinan masih terselip di area-area yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi. Mouthwash juga memiliki kandungan bahan yang dapat menyegarkan napas. Apabila Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggantinya denga cara berkumur menggunakan air garam. Air garam juga bisa bekerja sebagai antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

3. Bersihkan lidah

Ketika menyikat gigi, jangan lupa juga untuk membersihkan lidah. Lidah juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis bakteri. Membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah dapat meminimalisir bau pada mulut ketika puasa.

4. Mengobati penyakit gusi penyebab bau mulut

Penyakit gusi juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya bau mulut. Hal ini terjadi karena terdapat penumpukan bakteri pada dasar gigi. Agar bau pada mulut tidak semakin bertambah parah saat puasa, sebaiknya Anda mengobati masalah gusi dengan cara konsultasi kepada dokter.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber