4 Cara Mengenali Tanda-tanda Aki Mobil Soak, Jaga Kondisinya Agar Kendaraan Selalu Prima

4 Cara Mengenali Tanda-tanda Aki Mobil Soak, Jaga Kondisinya Agar Kendaraan Selalu Prima

Kenali kondisi aki untuk kendaraan yang lebih prima.--freepik.com/@diana.grytsku

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kondisi aki mobil adalah salah satu hal yang perlu selalu dijaga dalam Kondisi prima.

Aki mobil memiliki peran yang sangat penting sebagai sumber arus listrik yang mendukung kinerja mesin dan komponen kelistrikan mobil secara keseluruhan.

Karena aki mobil digunakan secara terus menerus, kemampuannya akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu.

Dengan kata lain, aki yang sudah digunakan untuk jangka waktu tertentu tidak akan memiliki performa sebaik saat pertama kali dibeli. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah aki mobil sudah mulai soak atau belum.

BACA JUGA:Manfaat Daun Binahong untuk Penyakit Tiroid: Alternatif Alami untuk Kesehatan Tiroid Optimal

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan empat cara untuk mengecek kondisi aki mobil agar Anda dapat memastikan kinerjanya tetap optimal.

1. Panel Indikator MID

Salah satu cara paling modern dan mudah untuk mengecek kondisi aki mobil adalah melalui panel indikator MID (Multi Information Display) pada mobil.

Saat ini, banyak mobil modern sudah dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan pengemudi untuk melihat voltase aki secara langsung melalui panel MID.

BACA JUGA:Tren Cat Rambut Anak Muda Masa Kini, Bukan Sekedar Menyamarkan Warna Rambut ALami

Bahtiar, Kepala Bengkel Auto2000 di Kalimalang, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa jika indikator tegangan aki berada di bawah 12 volt, ini adalah tanda bahwa aki sudah mulai soak. Voltase aki yang masih baik biasanya berkisar antara 12 hingga 12,5 volt.

2. Starter Mesin

Cara sederhana lainnya untuk mengecek kemampuan aki yang sudah mulai soak atau tidak adalah dengan mencoba menghidupkan mesin mobil.

Aki yang sudah soak akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan motor starter. Bahtiar menambahkan bahwa saat kita menyalakan mesin mobil, proses tersebut membutuhkan lebih dari 70% kemampuan aki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber