Angka Kemiskinan Banyuasin Turun Jadi 10 Persen

Angka Kemiskinan Banyuasin Turun Jadi 10 Persen

Bupati bersama Wabup Banyuasin terima penghargaan terbaik II perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah tahun 2022-Sulaiman-PALTV.CO.ID

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Pemerintah Kabupaten BANYUASIN berhasil mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang diukur dengan penurunan angka kemiskinan dari tahun ke tahun.

Hal ini ditandai dengan terus terjadinya tren yang cenderung mengalami penurunan  yang sangat signifikan dalam kurun waktu 19 tahun sejak tahun 2003, berdasarkan data kemiskinan yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumsel (BPS) Dr. Zulkifli, M.Si saat melakukan press rilis profil kemiskinan Banyuasin melalui Rapat Koordinasi dan Rilis Angkat Kemiskinan Banyuasin, Kamis, (12/12/2022) mengatakan, presentase penduduk miskin di Kabupaten Banyuasin berada pada peringkat kedua terendah se-Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini tentu tidak lepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Banyuasin dibawah nahkoda Bupati H. Askolani bersama Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono melalui program dan inovasi yang dilakukan selama ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Simpan Sabu dan Senpi Rakitan, Warga OKU Timur Ditangkap Polisi

BACA JUGA:Polsek Bayung Lencir Ungkap Kasus Pembobolan Toko Manisan

Ia merinci, pada tahun 2003 jumlah penduduk miskin Banyuasin sebanyak 156,40 ribu jiwa atau 22,80 persen. Pada tahun 2012 sebanyak 87,87 jiwa atau 11,27 persen. Lalu tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 100,64 ribu jiwa atau 12,45 persen.

Angka kemiskinan ini kembali turun di saat Bupati H. Askolani dan Wabup H. Slamet menjabat. Pada tahun 2019 menyentuh angka 96,55 ribu jiwa atau 11,33 persen. Kemudian turun lagi pada tahun 2022 ini hingga 88,55 jiwa atau 10,00 persen.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Regina Ariyanti, ST juga mengucapkan selamat atas pencapaian yang dilakukan Kabupaten Banyuasin dalam menurunkan angka kemiskinan dan pada kesempatan ini ia juga memberikan penghargaan terbaik II perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah tahun 2022 kepada Bupati Banyuasin dan didampingi Wabup.

“Saya berpesan kepada Pemda dalam menghadapi kemiskinan ekstrem agar menurunkan beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan, serta pengurangan kantong-kantong kemiskinan.

Untuk Penghargaan yang diberikan hari ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah.

BACA JUGA:Unit Reskrim Polsek Babat Toman Amankan Pelaku Penganiayaan

BACA JUGA:Flyover Patih Galung Jadi Tempat Wisata Dadakan

Penerima penghargaan ini dinilai mampu menunjukkan sinergi dan integrasi perencanaan, pencapaian, dan inovasi pembangunan bahu membahu antara pemerintah pusat dan daerah, profesional dan masyarakat, untuk kehidupan yang adil dan sejahtera”, jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: