Misteri Antu Banyu di Sungai Musi

Misteri Antu Banyu di Sungai Musi

Misteri Antu Banyu di Sungai Musi--Istimewa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Sumatera Selatan ini konon katanya mempunyai salah satu urban legend yang sangat terkenal serta sampai saat ini diyakini keberadaannya. 

Urban legend yang dimaksud diatas yaitu antu atau hantu banyu. hantu banyu ini menurut masyarakat setempat merupakan sosok makhluk astral dimana keberadaannya paling ditakuti di sepanjang Sungai Musi, karena Sungai Musi menjadi ikon daerah itu. 

Sungai Musi ini sempat menjadi salah satu diantara banyaknya sungai terpopuler di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh Sungai Musi yang berada di Sumatera Selatan ini memiliki panjang 750 kilometer. Sungai ini dikatakan oleh masyakat setempat dapat membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yakni Ulu dan Ilir.

Jembatan Ampera merupakan satu-satunya jembatan yang ada di Kota Palembang yang menjadi ikon Kota. Umumnya masyarakat kota Palembang maupun luar kota tak jarang melintas, berselfie ria di atas sungai ini.

BACA JUGA:Pesona Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Sumatera

BACA JUGA:Sembilu Pelantour-1, Panjang Umur Segala Kebaikan dan Jiwa yang Saling Merawat

Jika kita berbicara mengenai hantu banyu, hantu banyu ini konon katanya merupakan makhluk yang sangat menyeramkan serta sering menampakkan keberadaannya.

Menurut cerita masyarakat setempat, hantu banyu ini akan menarik orang-orang tanpa terkecuali ke dalam air sungai. Terdapat sebagian masyarakat Palembang yang meyakini bahwasannya keberadaan hantu banyu itu benar-benar nyata.

Tidak hanya itu saja, masyarakat juga mengatakan bahwasannya Hantu Banyu ini kerap mendatangi setiap rumah-rumah warga yang terletak di sekitar Sungai Musi, serta rumah yang di datangi tersebut notabenenya merupakan rumah panggung berbahan kayu, di mana di rumah tersebut terdapat sebuah tangga yang aksesnya langsung menuju sungai.

Masyarakat setempat juga menjeaskan bahwa hantu tersebut konon katanya akan melumuri tangga itu menjadi licin, sehingga bagi setiap orang yang melintasinya akan langsung terpeleset dan langsung jatuh ke sungai.

Ketika orang tersebut terjatuh, hantu banyu itulah yang akan langsung menangkapnya. Sehingga orang yang terjatuh tersebut akan langsung tenggelam dan meninggal dunia.

Jika kita berbicara mengenai asal usul hantu banyu ini, kita akan dihadapkan dengan beberapa versi cerita. Salah satunya diambil dari kisah seorang perempuan yang sangat menyukai air ketika dalam kondisi pasang.

Pada saat air sungai sedang pasang, air tersebut pastinya akan menjadi meninggi, karena air sedang tinggi membuat perempuan itu akan berenang.

Orang tua dari anak tersebut telah melarangnya untuk berenang, namun sang anak tetap melnjutkan aktivitas berenangnya. Melihat kondisi sang anak yang tetap berenang membuat orangtuanya marah besar, karena anak tersebut tidak menghiraukan perkataan orangtuanya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber