Pesona Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Sumatera

Pesona Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Sumatera

Pesona Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Sumatera--Istimewa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Danau Ranau pada dasarnya merupakan sebuah Danau yang memiliki urutan terbesar kedua di pulau Sumatera, setelah Danau Toba.

Danau Ranau ini letaknya tepat berada pada perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatra Selatan dengan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Tepatnya berada di daerah sekitar Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan, Danau Ranau ini menjadi suatu destinasi wisata alam yang cukup popular di kalangan masyarakat, khusunya masyarakat Sumatera Selatan dan Lampung.

Hal ini disebabkan karena Danau Ranau ini menawarkan panorama pemandangan dengan keindahan yang memanjakan mat akita ketika memandangnya.

Apabila para wisatawan datang dan berkunjung ke Danau Ranau ini, para wisatawan tidak hanya melihat hamparan danau danau saja, tetapi para wisatawan dapat juga menikmati panorama keindahan dari pemandangan Gunung Seminung yang ditambah dengan pesona hamparan sawah nan hijau, serta birunya air danau.

Ketika para wisatawan sampai ke lokasi Danau Ranau ini, para wisatawan akan dibuat nyaman karena cuaca di sekitaran danau  juga sangat sejuk, karena cuacanya yang sejuk inilah dapat menambah segar suasana di sekitaran Danau Ranau. 

BACA JUGA:Sembilu Pelantour-1, Panjang Umur Segala Kebaikan dan Jiwa yang Saling Merawat

BACA JUGA:Abah Toyib Tokoh Masyarakat Palembang Meninggal Dunia

Tepat berada di wilayah yang dekat lokasi Danau Ranau, para wisatawan juga dapat menikmati tempat wisata lain yang bisa kalian coba. Objek wisata yang terdapat di sekitaran Danau Ranau ini diantaranya, objek wisata Pulau Mariza yang letaknya tepat berada di tengah danau, terdapat juga air terjun Subik Tuha serta terdapat juga pemandian air panas yang mengandung belerang.

Apabila para wisatawan tertarik dan ingin mengunjungi objek wisata Pulau Mariza, para wisatawan bisa menggunakan bantuan transportasi seperti perahu. Transportasi perahu ini sudah ada dan tersedia di kawasan sekitar destinasi wisata Danau Ranau.

Keunikan dan hal Menarik yang ada pada danau ini karena Danau Ranau mulanya tercipta dari gempa besar yang disertai letusan vulkanik dari gunung berapi. Dari Letusan dahsyat yang berasal gunung berapi inilah yang menciptakan cekungan besar sehingga terbentuklah sebuah danau.

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke destinasi wisata Danau Ranau, para wisatawan bisa melalui berbagai jalan, mulai dari Kabupaten OKU Selatan, Lampung, bahkan Kota Palembang.

Apabila para wisatawan memulai perjalanan dengan berangkat dari ibukota Kabupaten OKU Selatan, para wisatawan bisa menempuh perjalanan lewat jalan darat selama kurang lebih 1,5 jam. 

Berbeda dengan Kabupaten Oku Selatan, apabila para wisatawan memulai perjalanan dengan rute dari Kota Palembang, para wisatawan dapat menghabiskan waktu selama kurang lebih 8 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber