Terungkap Alasan Anak Muda Generasi Y dan Z Menjadi Nasabah Pinjol Terbesar Berdasarkan Data OJK

Terungkap Alasan Anak Muda Generasi Y dan Z Menjadi Nasabah Pinjol Terbesar  Berdasarkan Data OJK

Terungkap Alasan Anak Muda Generasi Y dan Z Menjadi Nasabah Pinjol Terbesar Berdasarkan Data OJK--instagram.com/@kediriraya_info

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Generasi muda zaman sekarang ternyata menjadi nasabah Pinjaman Online (Pinjol) dengan jumlah terbanyak.  Generasi Y dan Z yakni generasi yang saat ini berumur antara 19 sampai 34 tahun.

Data Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan jumlah rekening yang menerima Pinjo dari kalangan anak muda ini mencapai 10,91 juta dengan nilai pinjaman mencapai Rp 26,87 Triliun sampai bulan Juni tahun 2023.

Jika diprosentasedata financial Tecnologi (fintech) OJK mengungkapkan bahwa pinjaman yang didominasi anak muda ini mencapai 60 persen dari keseluruhan pinjaman yang dislaurkan oleh lembaga peminjam.

Artinya, berdasarkan data di OJK lebih dari separuh nasabah Pinjol di Indonesia sepanjang tahun 2023 didominasi anak muda generasi Y dan Z.

BACA JUGA:Pergerakan IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini Kamis 7 September 2023

Sementara untuk usia 35 – 54 tahun, terdapat 6,5 juta rekening dengan total pinjaman sebanyak Rp 17, 9 triliun. Untuk umur yang lebih tua atau generasi di atas 54 tahun hanya sekitar 686.000 rekening dengan total pinjaman sebesar Rp1,9 Triliun. 

Pertanyaannya, Mengapa anak muda tertarik sekali meminjam uang secara online? Apakah mereka menggunakan untuk biaya hidup atau gaya hidup?.

Anak Muda Generasi Z dan Y Meminjam Pinjaman Online (Pinjol) Alasannya Terungkap

Dalam era digital yang semakin berkembang, tren pinjaman online (Pinjol) telah menjadi salah satu aspek keuangan yang sangat memengaruhi generasi muda.

BACA JUGA:Mahasiswa Semester 5 UNSRI Pilih Jadi Taruna STTD Asal Muara Enim

Terutama, Generasi Z (kelahiran tahun 1997-2012) dan Generasi Y (kelahiran tahun 1981-1996) semakin tergoda untuk meminjam melalui platform Pinjol.

Alasan di balik fenomena ini semakin terungkap, memunculkan perdebatan tentang dampak jangka panjangnya.

Pinjol, yang adalah singkatan dari Pinjaman Online, adalah bentuk pinjaman yang diberikan oleh perusahaan fintech melalui aplikasi seluler atau situs web mereka.

Tren ini telah meroket di kalangan generasi muda dalam beberapa tahun terakhir. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Generasi Z dan Y cenderung meminjam dari Pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber