Gusi Anda Bengkak dan Iritasi? Lakukan Cara Ini untuk Mengobatinya

Gusi Anda Bengkak dan Iritasi? Lakukan Cara Ini untuk Mengobatinya

Gusi Anda Bengkak dan Iritasi? Lakukan Cara Ini untuk Mengobatinya--pexels.com/Arvind Philomin

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Mungkinkah kamu pernah mengalami gangguan pada gusi anda? Atau anda pernah mengalami sakit gusi yang berlebihan. gusi merupakan  bagian mukosa tubuh manusia yang terletak di rongga mulut yang menopang gigi dan menutupi linggir alveolar (ridge). Jika dibiarkan maka hal tersebut sangat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Penyebabnya adalah kerusakan pada jaringan tulang penopang  gigi

Kamu tidak perlu cemas jika mengalami hal demikian,  karena setiap orang umum mengalami hal tersebut baik anak-anak sampai orang dewasa. Kondisi ini pasti pernah muncul walaupun sekali dalam seumur hidup. Tentunya perlu ada tindakan pencegahan supaya terhindar dari pembengkakkan gusi. 

Mengutip dari halodoc.com, berikut ini merupakan langkah untuk mengatasi bengkak gusi secara alami :

1. Berkumur Air Garam 

Hal pertama dalam pencegahan alami mengobati penyakit bengkak gusi adalah dengan berkumur air garam atau air asin. Siapkan alat seperti gelas untuk menampung air yang di isi garam, setelah itu larutkan. Kalau bisa pakai air hangat untuk dipakai membersihkan gusinya. 

BACA JUGA:Ramuan Herbal Turunkan Kadar Kolestrol Secara Alami

BACA JUGA:Ternyata Ini Asal-Usul Nama Palembang

Setelah garam larut, masukkan air garam kedalam mulut lalu kumurkan beberapa menit lalu keluarkan dengan hembusan. Kandungan garam dapat membunuh kuman yang membuat gusi bengkak. Larutan garam mengandung senyawa kimia sodium atau natrium chlorida (NaCi) yang merupakan bagian dari sodium dan dapat membunuh kuman mulut. 

2. Herbal Ramuan

Beberapa rempah-rempah yang bisa dijadikan pembasmi kuman mulut dipercaya bisa mengatasi penyakit gusi membengkak. Salah satu rempah yang sering dipakai untuk mengobati penyakit ini adalah sari daun jambu biji. Jambu biji adalah buah yang biji nya mengumpul ditengah buah dengan jumlah yang banyak. Daun jambu biji dipercaya bisa mengatasi bengkak gusi, karena mengandung antioksidan, vitamin c, potasium dan serat yang bisa memberikan kesehatan pada gusi. 

3. Air Teh 

Rendam teh segar dan larutkan dalam air mendidih selama lima menit, seperti halnya membuat teh. Setelah teh cukup dingin untuk disentuh, oleskan teh secara langsung ke gusi yang sakit secara bertahap selama 5 menit.  Pilih jenis teh yang mengandung anti-inflamasi, seperti jahe dan chamomile. Ramuan anti-inflamasi ini bisa digunakan untuk menenangkan gusi yang bengkak. Selain itu, kandungan tanin pada teh yang dapat menyerap apapun yang terjadu pada gusi seperti iritasi

4. Air Lemon

Lemon juga merupakan buah yang mengandung vitamin c, tentunya vitamin c berguna untuk menjaga kulit dan daya tahan tubuh manusia. Buah ini juga mengandung asam sebagai alkali ilmiah untuk menyeimbangkan pH kadar pada mulut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber