Mengenal Con Hielo, Piccolo dan V60

Mengenal Con Hielo, Piccolo dan V60

Barista kopi.-StockSnap-pixabay.com/StockSnap

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kopi adalah minuman favorit banyak orang. Terkadang, bukan hanya suka, tetapi memang butuh. Kopi mengandung kafein yang bagi sebagian orang dengan mengonsumsi kafein, maka tubuh dapat bekerja lebih maksimal. Kopi pun dianggap dapat menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

Ada banyak sekali tampat yang menjual kopi. Mulai dari warung-warung yang menjual kopi-kopi sachet, kopi-kopi kemasan botolan yang dijual di setiap minimarket dan supermarket, hingga kedai-kedai kopi yang menyajikan kopi murni yang kebanyakan mereka olah sendiri berasal dari biji kopi yang mereka olah sendiri.

Di kedai-kedai kopi banyak sekali pilihan menu kopi. Mulai dari kopi murni yaitu espresso, kopi yang dicampur dengan air yaitu americano, kopi dengan campuran susu ditambah buih susu yaitu capuccino, campuran susu dan kopi yaitu latte, espresso yang dicampur dengan susu dan coklat yaitu mocha, buih susu yang dicampur dengan kopi yaitu machiato, dan masih banyak lagi. Kalau yang tadi adalah jenis-jenis olahan kopi yang sudah akrab di telinga semua orang terutama pecinta kopi.

Namun, ada juga menu kopi yang dari namanya kadang membuat kita bertanya-tanya kopi apa sih ini? Campuran apa? Contohnya adalah Con Hielo, Piccolo, dan juga V60. Dari namanya, untuk kalian yang pecinta kopi sejati pasti sudah tau bedanya. Tapi untuk orang-orang yang bukan pecinta kopi, cenderung akan bingung apabila mendengar nama-nama tersebut. Lalu apa itu Con Hielo, Piccolo, dan V60?

BACA JUGA:Panorama Keindahan Hutan Punti Kayu

BACA JUGA:Bosan Hidup Gitu-gitu aja? Lakukan Ini Agar Hidup Tidak Terasa Membosankan

1. Con Hielo

Con hielo merupakan salah satu olahan kopi yang cukup unik di mana kopi dalam gelas kecil yang disajikan dengan tambahan parutan dari jeruk lemon di atas kopi tersebut. Memang dalam bayangan kita akan terasa aneh pahit ditambah dengan sedikit rasa asam. Namun nyatanya, bagi mereka pecinta kopi akan memiliki sensasi tersendiri begitu menyeruput Con Hielo ini. Pahit dari kopi ditambah dengan rasa manis gula serta segar dan harum dari parutan lemon akan membuat sensasi berbeda pada kopi.

2. Piccolo

Kopi yang satu ini merupakan kopi dari Spanyol yang tidak tersedia di setiap kedai-kedai kopi. Dikenal juga dengan sebutan Piccolo Latte. Kopi yang satu ini disajikan dengan takaran yang kecil. Berisikan satu shot dari espresso ditambah dengan susu. Sebenarnya, kopi yang satu ini sama saja dengan latte namun disajikan dengan ukuran yang lebih kecil dengan susu yang berbeda. Susu yang digunakan untuk membuat Piccolo merupakan susu steam yang memiliki kandungan udara yang lebih sedikit daripada susu pada umumnya.

BACA JUGA:Game Apex Legends Mobile Tutup! Terungkap Ini Alasan EA Menutup Gamenya

BACA JUGA:3 Pemimpin Dunia yang Pernah Terjerat Kasus Hukum

3. V60

Kopi V60 sebenarnya sama pada kopi pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah proses pembuatan kopinya yang diseduh menggunakan alat yang memiliki sebuah corong panjang. Cara membuatnya adalah menuangkan air panas secara perlahan dan dilakukan dengan gerakan yang melingkar pada bubuk kopi yang sudah disiapkan digelas, setelah itu ditunggu saja sampai tetes terakhir. Tujuan membuat kopi seperti ini adalah untuk mendapatkan kopi yang tetap bersih tanpa ada minyak yang keluar. Namun, tenang saja rasa dan juga aroma dalam kopi tersebut lebih terjaga dibandingkan kopi pada umumnya.* (Dini Anjline, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber