Alasan Mengapa Seseorang Melakukan Silent Treatment

Alasan Mengapa Seseorang Melakukan Silent Treatment

memahami alasan di balik silent treatment--Pexels-TimurWeber

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Silent treatment, atau perlakuan diam, adalah tindakan di mana seseorang memilih untuk tidak berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain sebagai bentuk respon terhadap suatu situasi atau konflik.

Meskipun tampak sederhana, perlakuan ini dapat memiliki dampak emosional yang kuat pada hubungan interpersonal.

Penting untuk memahami alasan di balik silent treatment agar dapat menghadapinya dengan bijak dan mencari cara untuk memulihkan komunikasi yang sehat.

 

Melindungi Diri dan Emosi

Salah satu alasan umum di balik perlakuan diam adalah untuk melindungi diri sendiri dari konflik atau emosi yang berlebihan.

BACA JUGA:Muncul di Log Pose, Elbaf Menjadi Tujuan Selanjutnya dalam Petualangan Topi Jerami di One Piece

BACA JUGA:Mengenal Tiga Tipe Respons saat Gaji Naik, Tipe Kedua Sebaiknya Anda Hindari.

Beberapa orang mungkin merasa sulit mengungkapkan perasaan mereka dengan kata-kata, jadi mereka memilih untuk berdiam diri sebagai bentuk perlindungan terhadap kemungkinan terluka atau marah.

Ini juga dapat terjadi ketika seseorang merasa kewalahan oleh situasi atau perasaan, dan mereka perlu waktu untuk merenung dan mereset emosi mereka.

 

Penyimpangan Kekuasaan

Di beberapa kasus, silent treatment dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh kekuasaan atau kontrol dalam hubungan.

Seseorang yang ingin mendominasi atau mengontrol orang lain mungkin menggunakan perlakuan diam sebagai cara untuk membuat orang lain merasa bersalah atau mencari perhatian mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber