Bertahan Hidup di Perantauan? 5 Tips Hemat Uang Bulanan Ala Anak Kos

Bertahan Hidup di Perantauan? 5 Tips Hemat Uang Bulanan Ala Anak Kos

Costs.-Andranik Hakobyan-pixabay.com/Andranik Hakobyan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Apa yang ada dalam benak Anda jika berbicara tentang “anak kos”? Makan mie instant selama satu minggu? Sudah biasa. Makan nasi dengan kerupuk dan juga kecap? Itu juga sudah biasa. Hal tersebut sudah biasa dialami pada kalangan anak kos pada akhir bulan.

Tidak semua orang mampu menjalani kehidupan menjadi anak kos. Dengan menjadi anak kos, Anda dituntut untuk mandiri. Mulai dari mengatur keuangan, mengatur pola makan dan juga pergaulan.

Saat baru menjadi anak kos, masalah yang kerap kali muncul adalah keuangan. Ketika memiliki uang bulanan, mereka merasa memiliki banyak uang sehingga tidak dapat mengontrol diri dan konsumtif. Bukan membeli apa yang jadi kebutuhan pokok, melainkan mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Lalu ketika akhir bulan, anak kos merasa pengeluarannya terlalu boros pada saat awal bulan. Masalah ini kerap kali terjadi pada kalangan anak kos. Anda dapat mengikuti beberapa cara ampuh di bawah ini untuk mengatasi kantong kering di akhir bulan.

1. Mencatat setiap pengeluaran

Setelah Anda selesai melakukan aktivitas yang mengeluarkan biaya, catatlah pengeluaran tersebut  secara rutin. Bagi Anda yang sebelumnya tidak terbiasa melakukan secara rutin terdengar sangat merepotkan. Namun, hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengingat-ingat ketika merasa anggaran yang Anda miliki cepat habis.

Dengan mencatat seluruh pengeluaran, Anda dapat mengetahui kemana perginya uang bulanan yang Anda miliki. Dari catatan tersebut Anda bisa memikirkan apakah uang tersebut Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan atau hanya dihabiskan untuk yang diinginkan.

2. Jangan malas masak

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk hidup hemat adalah memasak. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang memasak, jangan menyiakan-nyiakan keahlian tersebut karna dapat membantu meminimalisir pengeluaran Anda. Apabila Anda memasak bahan olahan yang dimiliki, secara tidak langsung telah menghemat pengeluaran.

Dapat dibayangkan apabila dalam sehari Anda makan sebanyak tiga kali dengan satu porsinya adalah Rp16 ribu, maka dalam satu hari Anda harus mengeluarkan uang kurang lebih sebanyak Rp48 ribu. Apabila Anda memasak, yang perlu dilakukan hanyalah mengolah bahan-bahan pokok yang telah di miliki denga harga yang lebih terjangkau. Intinya, Anda bisa lebih hemat dan lebih sehat.

3. Mencuci baju sendiri

Ketika menjadi anak kos, Anda tidak akan menemukan waktu untuk bermalas-malasan. Tidak seperti saat berada di rumah orang tua, Anda harus bisa hidup mandiri. Untuk menjaga dan merawat penampilan Anda agar tetap terlihat rapi adalah membersihkan dan merapikan pakaian sebelum digunakan. Salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan sendiri ketika menjadi anak kos adalah mencuci baju. Anda harus membayar biaya laundry apabila tidak ingin mencuci baju sendiri.

Ketika Anda menggunakan jasa laundry secara terus-menerus, hal yang mungkin terjadi adalah biaya yang dikeluarkan dapat membengkak. Mencuci pakaian sendiri merupakan solusi untuk menghemat pengeluaran yang mungkin tidak Anda sadari.

4. Membawa uang sesuai kebutuhan saat bepergian

Cara hidup hemat lain yang bisa Anda lakukan ialah membawa uang sesuai kebutuhan saat berpergian. Apabila ada kegiatan di luar yang menyebabkan harus mengeluarkan biaya, maka catat apa saja yang ingin Anda beli agar tidak kekurangan uang saat berpergian. Membawa uang sesuai kebutuhan saat bepergian juga dapat membantu Anda untuk menahan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begitu, anggaran yang harus Anda keluarkan tidak membengkak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cashbac.com