Misteri Drama Tarian Calonarang

Misteri Drama Tarian Calonarang

Misteri Drama Tarian Calonarang--travelingyuk.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ada banyak kesenian di Indonesia yang sampai saat ini masih berkembang dengan baik sehingga memberikan pilihan alternatif bagi sejumlah masyarakat agar bisa menikmati hiburan yang mengangkat budaya lokal. Salah satu kesenian tradisional terdapat di Provinsi Bali yang mengangkat kesenian tradisional serta budaya lokal yaitu drama tari Calonarang.

Pementasan drama tari Calonarang ini cukup populer di kalangan masyarakat meskipun di jaman modern seperti sekarang ini ada banyak kesenian yang berkembang begitu pesat didukung dengan adanya perkembangan ilmu teknolongi.

Dengan berkembangnya ilmu teknologi ini menjadikan masyarakat jarang menikmati hal-hal yang berbau kesenian secara langsung, maka dari itu ketika ada pentas drama tari Calonarang ini masyarakat cukup antusias menontonnya.

Kisah yang diangkat pada drama tari Calonarang ini merupakan sebuah kisah dari salah satu toko Antagonis di Pulau Dewata Bali. Tokoh ini cukup melegenda bahkan cukup popular juga tidak hanya di Pulau Dewata Bali tetapi juga di daerah asalnya yaitu Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

BACA JUGA:Tips Menjadi Dewasa di Depan Semua Orang

BACA JUGA:Tips Jago Mengendarai Mobil untuk Pemula

Kisah hidupnya yang dikabarkan sangat menguasai ilmu hitam untuk mengganggu kehidupan orang lain disekitarnya serta menimbulkan kesengsaraan menjadikan cerita dari tokoh ini cukup terkenal bukan karena kebaikannya melainkan kejahatannya.

Calonarang cukup dikenal masyarakat karena disebut sebagai makhluk jadi-jadian yang begitu menyeramkan dan menguasai ilmu leak sangat tinggi sehingga masyarakat sangat takut padanya. Pementasan tari ini memang spesial disuguhkan oleh masyarakat di Pulau Dewata Bali.

Pura Dalem atau tempat yang jaraknya cukup dekat dengan kuburan serta pada waktu tengah malam biasanya pementasan seni drama tari tradisional ini diselenggarakan. Seni tarian tradisional Calonarang ini memang dipentaskan sebagai tarian horror dengan tujuan untuk membersihkan wilayah desa atau yang biasa disebut niskala wewidangan desa adat tersebut.

Pada saat pementasannya, seni tari tradisional Calonarang ini sengaja dibuat begitu menyeramkan dengan rangkaian upacara yadnya di Pura Dalem. Tidak semua masyarakat dapat menontonnya dan tidak semua orang dapat melakukannya karena tarian ini bukan dipertontonkan untuk umum atau hiburan anak-anak.

Suasana gelap tanpa lampu disertai dengan undangan dari para seka tari terhadap mereka yang menekuni ilmu hitam menambah suasana horror saat pementasannya.

Uniknya tarian ini juga melakukan seka pada saat mencoba salah seorang pemain untuk menguji kesaktian di alam ghaib serta tidak menggunakan ilmu mereka untuk menyengsarakan atau berbuat jahat kepada orang lain. Tidak hanya itu, pada saat pementasan drama tari tradisional Calonarang ini mereka juga menyertakan “Bangke matah “ yang menyebabkan orang tersebut seperti orang mati nantinya akan diupacarai serta diusung ke kuburan setempat.

Adegan unik dan mistis lainnya terlihat ketika para pemain tari Calonarang ini seolah-olah kesurupan seperti murid yang mempelajari ilmu hitam sungguhan pada dunia nyata. Dengan adanya adegan tersebut sangat lumrah jika terlihat pemandangan horror dan mistis seperti bola api yang meluncur di udara.

BACA JUGA:Uniknya Tradisi Nyekar Makam Puyang Ramobayang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: balitoursclub.net