Kompe alias Eceng Gondok Kotori Sungai Musi, BBWSS VIII Masih Menunggu Kapal Pembersih

Kompe alias Eceng Gondok Kotori Sungai Musi, BBWSS VIII Masih Menunggu Kapal Pembersih

Eceng gondok alias kompe menjadi masalah di perairan Sungai Musi, Palembang.-Firman Hidayat-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Seperti inilah penampakan Sungai Musi khususnya di sekitaran bawah Jembatan Ampera. Terlihat tanaman eceng gondok alias kompe memenuhi perairan sekitar.

Kondisi perairan Sungai Musi dipenuhi eceng gondok atau kompe ini, tentunya cukup menggangu lalu lintas kapal maupun speed boat yang melintas di kawasan tersebut. Selain itu juga, banyaknya tanaman eceng gondok ini membuat Sungai Musi menjadi tercemar dan kotor.

Idnur warga yang ada di sekitaran sungai musi mengungkapkan, tanaman eceng gondok ini telah cukup lama ada. Menurut Idnur, eceng gondok alias kompe ini sulit untuk dibersihkan jika tidak dilakukan secara serius oleh pemerintah.

“Kira-kira nanti kita ambil solusinya, dibersihkan supaya Palembang ini wisatanya, sungainya itu terlihat bersih,” ujar Idnur.

BACA JUGA:Kanal Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya Tercemar Kompe alias Eceng Gondok

BACA JUGA:Air Terjun Lematang Indah, Wisata Alam yang Masih Terjaga Keasriannya


Petugas kebersihan Sungai Musi untuk sementara ini semampunya mengisolasi tanaman kompe alias eceng gondok sembari menunggu kedatangan kapal pemebrsih yang baru. Selasa, 14 Februari 2023.-Firman Hidayat-PALTV

Sementara itu, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWSS VIII) melalui Koordinator Teknik Satker Op SDA Sumatera VIII Ferina Santiana mengungkapkan, saat ini pihaknya terkendala dengan rusaknya kapal yang digunakan untuk membersihkan eceng gondok di Sungai Musi.

Menurut Ferina, BBWSS VIII telah mengajukan pembelian kapal baru, namun belum mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat.


Ferina Santiana, Koordinator Teknik Satker Op SDA Sumatera VIII.-Firman Hidayat-PALTV

“Kita sudah mengusulkan ke pusat untuk pengadaan kapal (pembersih) eceng gondok yang baru. Jadi kita menunggu dulu kapal eceng gondok tiba ataukah ini kita perbaiki kapalnya. Kerusakannya itu kan sudah beberapa kali setelah dipakai rusak tidak dipakai lagi, sudah kita perbaiki tapi rusak lagi. Jadi kan mesti ganti yang baru. Jadi kami menunggu kapal eceng gondok dari pusat,” ungkap Ferina saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, 14 Februari 2023.

BBWSS VIII akan berusaha secepatnya untuk membersihkan tanaman eceng gondok di Sungai Musi ketika kapal pembersih telah tiba.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv