Fakta Menarik Legenda Sangkuriang, Muasal Gunung Tangkuban Perahu

Fakta Menarik Legenda Sangkuriang, Muasal Gunung Tangkuban Perahu

Adegan dalam film Sangkuriang (1982).-Tangkapan layar YouTube.com/Semesta Film-YouTube.com/Semesta Film

Dayang Sumbi memutuskan untuk minta dibuatkan danau beserta perahunya dengan kurun waktu satu malam. Ketika matahari terbit, Sangkuriang harus menyelasaikan pekerjaannya. Sangkuriang menyanggupi tantangan dari Dayang Sumbi dengan minta bantuan para jin untuk menyelesaikannya.

Dayang Sumbi panik dan berniat menggagalkannya ketika ia melihat perahu yang dibuat Sangkuriang hampir selesai. Ia pun berdo’a dan akhirnya do’anya pun terkabul. Seketika ayam berkokok yang membuat para jin merasa ketakutan karena mengira hari sudah pagi. Pekerjaan membuat danau dan perahu tentu saja dianggap tidak selesai sehingga pernikahannya dengan Dayang Sumbi tidak bisa dilanjutkan.

Sangkuriang tentu saja sangat kecewa dan marah besar melihat tantangan yang diberikan Dayang Sumbi tidak bisa ia selesaikan. Dengan amarah yang membuncah, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya sehingga perahu tersebut jatuh dan tertelungkup. Dari kejadian inilah akhirnya tercipta Gunung Tangkuban Perahu. Perahu ini bentuknya seperti terbalik apabila kalian melihatnya dari kota Bandung.

BACA JUGA:IRT di Banyuasin Sukses Jadi Peternak Sapi

BACA JUGA:Fitrianti Agustinda Besuk Penutur Bebaso Pelembang Yai Beck Sakit Stroke

Keindahan yang terpancar dari kawah Gunung Tangkuban Perahu ini membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Gunung Tangkuban Perahu juga menjadi objek wisata rekomendatif apabila kalian sedang berlibur ke Kota Bandung. Keindahan alam yang terpancar dari gunung ini membuat banyak pelancong membawa anak-anak mereka, untuk berlibur sambil menikmati udara sejuk dari Gunung Tangkuban Perahu ini.* (Nabilla Imandha, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber