Cek Mutu, Dinas PUPR OKU Sidak Proyek Jalan

Cek Mutu, Dinas PUPR OKU Sidak Proyek Jalan

Dinas PUPR OKU melakukan sidak pengecekan kualitas bangunan jalan cor beton. Foto: dok PUPR-Dokumentasi Dinas PUPR Kabupaten OKU-Dinas PUPR Kabupaten OKU

OKU, PALTV.CO.ID - Pengerjaan proyek tahun 2022 selesai dilakukan oleh sejumlah kontraktor. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), melakukan sidak di sejumlah jalan cor beton.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan ketebalan, panjang jalan serta lebar jalan apakah sesuai dengan ketentuan yang telah dianggarkan atau tidak.

Dari sidak tersebut, Dinas PUPR OKU melihat pengerjaan proyek sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Bahkan menurut Dinas PUPR OKU, dari tahun ke tahun mutu pekerjaan proyek di Kabupaten OKU terus mengalami peningkatan kualitas.

Saat melakukan pengecekan jalan cor beton di kawasan Kelurahan Kemelak pada Selasa (7/2/2023), Kepala Dinas PUPR OKU Candra Dewana melalui Kabid Tata Ruang PUPR Jumairi mengungkapkan, pihaknya menginginkan kualitas bangunan di OKU semakin baik dan tak menjadi ajang mencari keuntungan oleh kontraktor.

BACA JUGA:IRT di Banyuasin Sukses Jadi Peternak Sapi

BACA JUGA:Fitrianti Agustinda Besuk Penutur Bebaso Pelembang Yai Beck Sakit Stroke

"Hal ini sejalan dengan program yang telah rencanakan agar terus meningkatkan kualitas pembangunan jalan maupun infrastruktur di Kabupaten OKU," jelas Jumairi.

Menurut Jumairi, Kepala Dinas PUPR sendiri sudah berkomitmen untuk memberikan pembangunan dengan kualitas yang baik.

"Seperti hari ini kami memeriksa jalan bersama BPK, pengawasan ini sudah mencapai fisik seratus persen, dan saat ini dalam tahap pemeriksaaan BPK," terang Jumairi.

Setelah sidak tersebut, menurut Jumairi untuk mengetahui mutu serta ketahanan jalan tersebut. Hal tersebut agar masyarakat yang menggunakan jalan merasa puas dengan pembangunan yang sesuai usulan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Video: Sangrai Kopi Tertua di Prabumulih

BACA JUGA:Mobil Listrik Lebih Hemat, Benarkah?

"Sudah ada beberapa bangunan jalan yang ditinjau, hasilnya alhamdulilah sudah ada peningkatan. Sudah menjadi program PUPR untuk selalu meningkatkan kualitas pekerjaan, baik peningkatan jalan maupun infrastruktur lainnya di Kabupaten OKU yang melaui Dinas PUPR," ungkapnya.

Untuk mengetahui kualitas pekerjaan yang dilakukan kontraktor, pengecekan mutu dilakukan dengan uji laboratorium terhadap bangunan tersebut. Pengujian tersebut  menjadi kewenangan tim pemeriksa. Jika ditemukan adanya kerugian negara, maka ada konsekuensi bagi kontraktor untuk pengembalian kerugian kepada negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: