Filosofi Hadist Nabi Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina

Filosofi Hadist Nabi Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina

Makna Hadist tuntutlah Ilmu sampai ke negeri China--Gambar : beginwiths_d6chhr8-pre

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hadist Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan umatnya untuk mencari ilmu pengetahuan dengan cara menuntut ilmu hingga ke negeri Cina telah menjadi sorotan di berbagai belahan dunia.

Pesan penting dalam hadist ini yang diumpamakan menuntut ilmu sampai negeri Cina, mengajak umat Muslim untuk tidak berhenti belajar dan mengembangkan pengetahuan di berbagai bidang, telah menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra. menyatakan, "Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim." Pesan ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan dan pengetahuan dalam kehidupan seorang Muslim. 

Meski hadist ini dianggap para ulama lemah (dhoif) tentunya kita mengambil nilai positip dar makna yang ada dalam hadist menuntu ilmu sampai ke negeri china.

BACA JUGA:Ceramah Ustadz Adi Hidayat: Ingin Kesulitan Dimudahkan oleh Allah, Baca Kalimat Ini!

BACA JUGA:Ceramah KH Zainuddin MZ: Tanda-tanda Manusia yang Dicintai Setan

Dalam konteks global saat ini, hadist ini semakin relevan karena era digital dan kemajuan teknologi telah membuka pintu luas bagi siapa saja untuk mengakses berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai belahan dunia.

Di tengah semangat hadist tersebut, seorang mahasiswa asal Indonesia, Muhammad Farhan, memperlihatkan tekad dan semangat untuk mengejar ilmu hingga ke negeri Cina.

Farhan, yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro di salah satu perguruan tinggi di Jakarta, memiliki impian untuk mempelajari teknologi canggih yang telah dikembangkan oleh negara tersebut.

Dengan dukungan dari keluarga dan teman-temannya, Farhan telah merencanakan perjalanannya ke Cina untuk mengejar studi pascasarjana di salah satu universitas ternama di sana.

BACA JUGA:Jika Hilal Jodohmu Belum Muncul!. Jangan Panik, Lakukan Hal Berikut Ini

BACA JUGA:Ustadz dr Zaidul Akbar, Dokter Ahli Gizi Sekaligus Pencetus Jalan Sehat Rasulullah


Filosofi hadist Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina--Gambar : tumblr_inline__1rxjgar

Ia mengatakan, "Saya percaya bahwa belajar di luar negeri akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga, terutama di negara seperti Cina yang memiliki kemajuan teknologi yang luar biasa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber