Keindahan Gunung Dempo, Bikin Lo Gak Pengen Pulang!

Keindahan Gunung Dempo, Bikin Lo Gak Pengen Pulang!

Keindahan Gunung Dempo-Nabilla Imandha-

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia tidak hanya mempunyai garis pantai yang panjang, tetapi juga memiliki bermacam – macam pegunungan dengan berbagai karakteristik, keunikan serta ciri khas yang berbeda. Gunung Dempo merupakan salah satu pesona alam yang sangat memukau di Provinsi Sumatera Selatan.

Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam dan merupakan salah satu puncak tertinggi yang ada di Sumatera Selatan. Banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan sampai turis dari luar negeri berdatangan karena pesona dempo yang memanjakan mata. Adapun hal yang menarik perhatian pendaki dikarenakan Gunung Dempo ini memiliki jalur pendakian yang cukup unik dengan banyaknya jalur pendakian yang berbeda.

Banyak keindahan yang ditawarkan apabila kalian menginap di kawasan Gunung Dempo ini, karenanya Gunung Dempo ini memiliki pemandangan sunrise yang memukau. Tidak hanya pemandangan gunung yang memanjakan mata, terdapat juga kisah sejarah dan beberapa budaya prasejarah juga ditemukan di daerah sekitaran pegunungan ini.

Keunikan itu dilengkapi dengan ditemukannya beberapa fosil batu yang menyerupai manusia tersebar luas di sekitaran lereng pegunungan. Berikut kita ulas beberapa fakta yang menakjubkan dari gunung api satu ini.

 

Perubahan Warna Pada Air di Kawah

Ada beberapa warna yang sering kali terlihat pada air di kawah vulkanik puncak Gunung Dempo ini, yaitu hijau tua, biru, hijau tosca, dan abu–abu. Hal yang paling menarik terdapat pada kawah ini airnya dapat berubah dalam itungan menit loh. Hanya beberapa pendaki yang beruntung dapat melihat keunikan warna kawah yang terakhir.

 

Memiliki Lebih Dari Satu Puncak

Perlu kita semua ketahui bahwasannya Gunung Dempo ini tidak hanya memiliki satu puncak loh. Gunung Dempo sendiri memiliki dua puncak yang biasanya didatangi oleh para pendaki, yaitu puncak Merapi dan puncak Dempo. Hal yang menarik dari kedua puncak ini yaitu adanya lembah yang biasanya dikenal dengan istilah pelataran. Tempat inilah yang pastinya menjadi sasaran para pendaki untuk mendirikan tenda sambil beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan untuk sampai ketujuan, yaitu puncak Merapi. Terdapat sebuah tradisi yang menarik pada saat di perjalanan menuju puncak Merapi, yaitu mengucapkan salam sebagai bentuk sapaan kepada para pendaki lainnya yang sudah berada di puncak. Uniknya lagi, salam tersebut selalu dijawab loh.

Terdapat Hamparan Kebun Strawberry di Sepanjang Kebun Teh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: