Awas! 15 Tanda Diabetes Parah yang Harus Kamu Ketahui, Nomor 8 Bikin Kaget!

Awas! 15 Tanda Diabetes Parah yang Harus Kamu Ketahui, Nomor 8 Bikin Kaget!

Tanda Diabetes Parah --Foto : pixabay.com

PALEMBANG, PALTV, CO.ID - Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan hormon insulin dengan baik, yang berfungsi mengatur kadar gula darah. Penyakit ini bisa menjadi masalah kesehatan serius jika tidak diobati dengan benar.

Pengendalian gula darah yang buruk dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengenali ciri-ciri bahwa kondisi mereka sudah parah dan memerlukan perhatian medis segera.

1. Gula Darah Sangat Tinggi: Salah satu tanda diabetes yang sudah parah adalah tingkat gula darah yang sangat tinggi. Angka di atas 400 mg/dL menandakan kondisi diabetes yang tidak terkontrol dengan baik.

2. Berat Badan Turun Drastis: Jika Anda mengalami penurunan berat badan tiba-tiba dan signifikan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ini adalah tanda bahwa diabetes Anda sudah parah.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini, Selasa 25 Juli 2023: Gemini Beraksi Proaktif dan Leo Penuh Kasih

BACA JUGA:Mau Ke Pagaralam? Ini Yang Perlu Kamu Siapin Agar Liburanmu Asik

3. Dehidrasi: Penderita diabetes yang sudah parah cenderung mengalami dehidrasi. Gejala dehidrasi meliputi mulut kering, haus berlebihan, dan sedikit atau tidak ada produksi urine.

4. Kelelahan Ekstrem: Rasa lelah yang berlebihan dan tidak dapat dijelaskan adalah tanda peringatan yang sering terjadi pada diabetes yang sudah parah. Ini disebabkan karena tubuh kesulitan menggunakan glukosa sebagai sumber energi.

5. Luka yang Sulit Sembuh: Penderita diabetes yang kondisinya sudah parah mungkin mengalami luka yang sulit sembuh. Kadar gula darah yang tinggi bisa mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi.

6. Infeksi yang Berulang: Diabetes yang sudah parah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penderita lebih rentan terhadap infeksi berulang, terutama pada saluran kemih, kulit, atau sistem pernapasan.

BACA JUGA:RAMALAN SHIO Hari Ini Selasa 25 Juli 2023: Shio Ayam Sensitif hingga Shio Tikus Nakal

BACA JUGA:Apakah Anda Sering Mengantuk? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

7. Gangguan Penglihatan: Penglihatan kabur atau gangguan penglihatan lainnya dapat menjadi tanda bahwa diabetes sudah berdampak pada mata. Diabetes bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah di mata yang mengganggu penglihatan.

8. Nyeri dan Kesemutan pada Ekstremitas: Diabetes yang sudah parah dapat menyebabkan neuropati perifer, suatu kondisi di mana saraf-saraf di kaki dan tangan mengalami kerusakan. Akibatnya, penderita mungkin merasakan nyeri, kesemutan, atau mati rasa pada ekstremitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber