Perhatian! Bahaya Tidur dengan Ponsel di Dekat Kepala

Perhatian! Bahaya Tidur dengan Ponsel di Dekat Kepala

Tidur dengan ponsel di dekat kepala dapat menimbulkan potensi bahaya kesehatan yang serius.-Aftab Alam-pixabay.com/eraaftab786

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya biru dari layar ponsel juga dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur tidur dan bangun, sehingga menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia.

Bukan hanya paparan radiasi dan gangguan tidur yang menjadi masalah. Tidur dengan ponsel di dekat kepala juga dapat mempengaruhi kualitas hubungan sosial kita.

Banyak orang merasa cenderung memeriksa media sosial atau aplikasi pesan sebelum tidur atau segera setelah bangun tidur.

BACA JUGA:Legend Sepanjang Sejarah! Begini Awal Berdirinya Band Rolling Stones

BACA JUGA:Sekelumit Mengenai Pagar Ayu dalam Tradisi Perkawinan di Indonesia

Ini dapat mengganggu interaksi sosial di dunia nyata dengan pasangan atau keluarga, karena lebih mudah terjebak dalam dunia maya daripada berkomunikasi dengan orang di sekitar kita.

Selain itu, ada potensi risiko keamanan digital jika ponsel kita tidur di dekat kepala. Jika ponsel terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah, kemungkinan terjadinya hacking atau akses tidak sah ke perangkat meningkat. Menyimpan ponsel di tempat yang aman dan terlindung dari akses fisik dapat membantu mengurangi risiko ini.

Karena risiko-risiko tersebut, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi potensi bahaya tidur dengan ponsel di dekat kepala.

Pertama, hindari meletakkan ponsel di bawah bantal atau di dekat kepala saat tidur. Sebaiknya letakkan ponsel di meja samping tempat tidur atau di tempat lain yang aman, seperti meja di seberang kamar.

BACA JUGA:Hadapi Tuntutan Hidup dengan Menumbuhkan Mental Bisnis, Ini Dia Tipsnya!

BACA JUGA:Ringkasan Bab 20 Buku Psychology of Money: Pengakuan

Selain itu, ada baiknya mengaktifkan mode penerbangan atau matikan ponsel sepenuhnya saat tidur, terutama jika sinyal atau notifikasi tidak diperlukan pada malam hari.

Pengaturan ini juga dapat membantu mencegah gangguan tidur karena bunyi notifikasi atau lampu indikator yang menyala di malam hari.

Terakhir, jika Anda memakai ponsel sebagai alat alarm atau untuk mendengarkan musik relaksasi saat tidur, pertimbangkan menggunakan perangkat terpisah, seperti jam alarm atau speaker Bluetooth yang dapat ditempatkan di jarak yang lebih jauh dari kepala Anda.

Secara keseluruhan, tidur dengan ponsel di dekat kepala bisa membawa potensi bahaya kesehatan, kualitas tidur yang buruk, dan masalah sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber