Sukses Meraup Rp5,2 Juta dengan 5.000 Subscribers, Rahasia Penghasilan Youtuber yang Menginspirasi

Sukses Meraup Rp5,2 Juta dengan 5.000 Subscribers, Rahasia Penghasilan Youtuber yang Menginspirasi

Penghasilan Youtuber 5.000 Subscribers Tembus Rp5,2 Juta.-stevepb-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Menghasilkan Youtuber dengan 5.000 pelanggan terdengar menarik bagi pembuat konten.

Namun, untuk mendapatkan 5.000 subscriber dan menjangkau lebih banyak penonton, Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan 4.000 jam tonton video.

Seperti dilansir dari Business Insider, seorang kreator konten bernama Jen Lauren mengungkapkan bahwa Youtuber dengan 5.000 subscriber bisa mendapatkan penghasilan sekitar $349 per bulan atau sekitar Rp5,2 juta melalui iklan.

Setiap video YouTube dapat dimonetisasi dengan berbagai cara, seperti iklan bergambar, iklan overlay, iklan bumper, tag bersponsor, dan iklan mid-roll.

Pendapatan iklan tunduk pada persentase tertentu (CPM) per 1.000 tampilan iklan. Namun, YouTube akan mengambil 45% dari penghasilan pembuatnya untuk video berdurasi panjang.

Penghasilan seorang Youtuber sangat bervariasi, terutama bagi mereka yang baru memulai. Namun, secara umum, banyak Youtuber pemula yang dibayar oleh Adsense atas videonya.

BACA JUGA:5 Langkah Memahami Transisi Psikologis Ketika Beralih Profesi

BACA JUGA:Sukses sebagai Badut, Pasutri Ini Raih 10 Juta per Bulan dengan Hanya Bekerja 2 Jam Sehari

Namun, untuk dapat memasukkan Adsense ke dalam video, YouTuber harus memenuhi syarat tertentu dan bergabung dengan Program Mitra Youtube.

Kabar baiknya, persyaratan untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube telah diperbarui dan disederhanakan.

Saat ini, calon YouTuber harus memiliki 500 subscriber, 3.000 jam tonton dalam 12 bulan terakhir, dan 3 juta penayangan di YouTube Shorts dalam 90 hari terakhir.

Dengan asumsi Youtuber pemula memenuhi syarat tersebut dengan 500 subscriber, maka gaji Youtuber pemula bisa berkisar antara Rp 133.326 hingga Rp 1.851.750.

Gaji dihitung berdasarkan rumus RPM (Revenue Per Impression), membagi pendapatan dengan jumlah penayangan dan dikalikan 1000. Penghasilan Youtuber juga dipengaruhi oleh CPM (Cost Per Mile), yaitu biaya untuk 1.000 iklan dalam sebuah video, yang bervariasi sesuai dengan peraturan YouTube.

Namun perlu diingat bahwa penghasilan Youtuber dengan 5.000 subscriber bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung banyak faktor lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber media nasional