Wah! Dengan Cara Ini Menanam Cabai Jadi Terasa Mudah

Wah! Dengan Cara Ini Menanam Cabai Jadi Terasa Mudah

Tanaman cabai.-HansLinde-pixabay.com/HansLinde

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Barangkali sebagian orang ada yang tidak suka makan cabai. Ya, mungkin karena rasa pedas dan panas yang ditimbulkan dari kandungan zat bioaktif pada cabai.

Meski terasa pedas dan panas, tanaman yang masuk kategori sayuran dari anggota genus capsicum ini, dapat menambah selera makan. Bahkan, cabai juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tiga manfaat cabai seperti dikutip pada laman halodok.com adalah meredakan rasa sakit, menurunkan berat badan dan mencegah penyakit jantung. Tiga manfaat tersebut karena cabai mengandung capsaicin, senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sebagai bahan utama membuat sambal, ternyata menanam cabai tidak semudah dibayangkan. Ada proses dan tahapan tertentu dalam menanam bila ingin menghasilkan cabai berkualitas.

Yang perlu diperhatikan dan pahami bahwa tanaman cabai bisa layu jika berada di bawah suhu panas terik matahari. Daun-daun tanaman cabai akan mengalami transpirasi atau penguapan dengan cepat.

BACA JUGA:Intensitas Hujan Tinggi, Tiga Rumah Warga di Sekayu Kembali Terkena Longsor

BACA JUGA:Gawat! Harga Rumah Subsidi Naik Lagi, Cek di Sini!

Untuk menanam cabai, dapat dimulai dengan memilih kualitas bibit terbaik. Caranya ambil biji bibit cabai terbaik dari bibit cabai yang berkualitas, kemudian dijemur hingga benar-benar kering.

Setelah mendapatkan bibit cabai yang berkualitas baik, Anda bisa memulai menanam cabai di polybag, pot atau di pekarangan. Menanam cabai seperti ini cukup rumit, ketimbang langsung menanam cabai di lahan tanah yang luas. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam cabai.

Ada beberapa langkah dan tahapan yang relatif cukup mudah dalam menanam cabai. Melansir dari artikel berjudul "Mengenal 6 Cara Menanam Cabe dengan mudah" dimuat laman tanihub.com diposting pada 14 Oktober 2021. Inilah Cara menanam cabai dengan mudah.

1. Mempersiapkan benih

BACA JUGA:Percantik Rumah Anda dengan 7 Taman Minimalis Inspiratif

BACA JUGA:Lapas Muara Enim dan Kanwil Kemenkumham Sumsel Tandatangani Komitmen Pembangunan Zona Integritas

Langkah pertama yang dilakukan adalah Anda bisa membeli langsung bibit cabai yang dijual di toko pertanian. Namun, harus Anda perhatikan juga bibit yang dipilih pastikan bibit yang berkualitas. Atau bila Anda ingin menghemat biaya, siapkan benih cabai sendiri.

2. Menabur benih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber