Dewan Kesenian Sumatera Selatan, Merajut Kesenian Sumatera Selatan dalam Harmoni Budaya

Dewan Kesenian Sumatera Selatan, Merajut Kesenian Sumatera Selatan dalam Harmoni Budaya

Dewan Kesenian Sumatera Selatan.-Juliadi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Surono, S.Pd., Sekretaris Dewan Kesenian Sumatera Selatan, dan Ki Edi Susilo, Pengelola Sanggar dan Pemerhati Seni, berbagi cerita dalam program "Halo Palembang" yang tayang langsung di PALTV.

Program ini dipandu oleh presenter Cek Nofal Idrus dan Cek Susan. Dalam dialog mereka, Surono dan Ki Edi mengungkapkan pandangan mereka tentang perkembangan seni di Sumatera Selatan.

Menurut Surono, perkembangan seni di Sumatera Selatan sangat baik dan terlihat dari setiap kabupaten dan kota yang memiliki dewan kesenian sendiri.

Ia mengungkapkan bahwa di Sumatera Selatan terdapat banyak jenis kesenian, dan masyarakat juga menerima dengan baik kesenian dari luar daerah.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan penduduk Sumatera Selatan yang heterogen, termasuk masyarakat pendatang yang membawa seni dari daerah asal mereka.

BACA JUGA:Inilah Rahasia Mengejutkan untuk Mendapatkan Pasangan di Usia 40-an yang Belum Terungkap!

BACA JUGA:Driver Ojol Harus Tahu! Kantor DSU Gojek Tutup di Beberapa Wilayah

Keberagaman ini menjadikan kesenian di Sumatera Selatan sangat universal, sementara kesenian asli Sumatera Selatan tetap lestari dan terus diperkenalkan kepada masyarakat.

Surono juga menekankan pentingnya memberi perhatian dan ruang bagi kesenian dari luar Sumatera Selatan dan berkolaborasi dengan seniman dan budayawan dari luar daerah.

Namun, ia juga mengingatkan agar adat istiadat mereka yang lahir di Sumatera Selatan tetapi memiliki daerah asal tetap diperhatikan dan dihormati.

Ki Edi, dalam pandangannya, melihat bahwa seni di Sumatera Selatan memiliki beragam bentuk. Ia menjelaskan bahwa dalam seni terdapat beberapa hal yang menjadi pakem, yaitu Wi Raga, Wi Rama, dan Wi Rasa. Ketiganya merupakan kesatuan dalam sebuah seni.

Ketika gerakan diatur oleh irama, maka terciptalah sebuah kesenian. Kemudian munculah Wi Rasa, yaitu perasaan yang mampu merasakan kesenian tersebut. Dengan demikian, kesenian memberikan ruh pada dirinya sendiri.


Dewan Kesenian Sumatera Selatan.-Juliadi-PALTV

DKSS, sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pengembangan, pelestarian, dan pemajuan kesenian di Sumatera Selatan, memiliki peran yang sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv