Persiapkan Dirimu, CPNS 2023 Segera Dibuka! Yuk Cek Apa Saja Persyaratannya

Persiapkan Dirimu, CPNS 2023 Segera Dibuka!  Yuk Cek Apa Saja Persyaratannya

Ilustrasi Pegawai Negeri SIpil--gambar : pinterest.com/Jessica Jane

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tahun 2023 ini seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau (CASN) akan dibuka kembali. Berikut informasi terkait jadwal pendaftaran CPNS 2023, syarat yang harus dipenuhi, dan formasi yang tersedia.

Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI, Abdullah Azwar Anas, belum lama ini mengumumkan hasil pembahasan seleksi CPNS/CASN 2023 bersama Presiden Joko Widodo.

Tentu saja, ada pertanyaan tentang kapan pendaftaran seleksi CPNS 2023 ini akan dibuka, apa saja syarat yang harus dipenuhi, dan formasi apa saja yang akan dibuka. jadwal pendaftaran CPNS 2023 Pemerintah belum mengumumkan secara resmi. Namun, rencananya seleksi CPNS akan dilaksanakan pada bulan September mendatang.

Menurut Abdullah Azwar Anas, "Terkait dengan proses CASN/CPNS 2023, kami sudah melaporkannya kepada Presiden, dan rencananya akan dimulai pada bulan September dengan jumlah peserta sekitar 1.030.751 orang." 

BACA JUGA:Jangan Salah Lagi! Ini Bedanya ASN dan PNS

BACA JUGA:Banyak PNS Ingin Pensiun Dini. Ini Alasannya!

Formasi CPNS dan PPPK 2023 Berdasarkan laman resmi Kementerian PANRB RI, rencana kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional untuk tahun 2023 adalah sebanyak 1.030.751, termasuk CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pada tahun ini, seleksi akan diprioritaskan untuk PPPK dengan porsi sebesar 80%. Sementara itu, 20% sisanya akan diperuntukkan bagi lulusan baru melalui seleksi CPNS.

Namun, detail mengenai jumlah kebutuhan (formasi) untuk setiap kementerian, lembaga, dan daerah masih dalam proses finalisasi, sesuai dengan validasi usulan dari masing-masing instansi.

Berdasarkan informasi dari berbagai media nasional, beberapa formasi yang kemungkinan akan dibuka antara lain:

BACA JUGA:Lepas Konvoi Mupen, BKKBN Optimis Target Penurunan Stunting 14 Persen pada 2024 Tercapai

BACA JUGA:Cek Fakta Mengenai Video Viral Polisi Sragen Gagal Tes Zig-zag dalam Ujian SIM

Formasi Pusat

CPNS dosen: 15.858

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber