Labu Loofah Spons Alami, Alternatif Spons Cuci Sintetis

Labu Loofah Spons Alami, Alternatif Spons Cuci Sintetis

Labu Loofah spons alami.--freepik.com/@pvproductions

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kehidupan manusia tentu tidak asing dengan penggunaan alat bantu demi mempermudah pekerjaan. Terlebih lagi pada era teknologi, di mana semua kegiatan bersifat praktis dan menghemat waktu.

Inovasi-inovasi terus didatangkan, dan bahan yang lebih mudah didapat lebih digemari untuk memenuhi keinginan pasar. Salah satunya adalah plastik, yang keberadaannya sudah begitu familiar.

Penggunaan plastik dalam berbagai aspek sehari-hari sudah sering dipermasalahkan. Sebab, pengolahan limbahnya yang sulit dan berdampak buruk terhadap lingkungan alam dalam jangka waktu yang begitu lama. 

Kalangan peduli lingkungan memiliki beberapa gerakan inovasi yang diambil demi mengurangi pemakaian plastik pada kegiatan rumah tangga.

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi di Balik Game Bowmasters yang Membuat Anda Menjadi Pemanah Terbaik dalam Semalam!

Selain mulai marak depot isi ulang sabun, pembersih cuci piring, hingga cairan pembersih lantai agar jumlah kemasaan plastik sekali pakai berkurang, alat-alat pun diganti ke bahan yang mudah terurai, seperti sikat gigi berbahan kayu.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan loofah dan apa kegunaannya?

Loofah atau dapat juga dikenal sebagai labu luffa, merupakan hasil buah yang sering dijual sebagai alternatif alami pengganti spons.

Tanaman luffa ini adalah anggota keluarga tanaman Curcubitaceae, yang merupakan cakupan tanaman yang dekat dengan labu, mentimun, semangka, dan melon.

BACA JUGA:Awas! Jangan Makan Buah Kecubung, Begini Dampaknya

Tanaman rambat labu luffa menghasilkan buah berwarna hijau dengan bentuk silinder. Ketika labu bauh tanaman ini sudah matang, tetapi masih berwarna kehijauan, akan dipanen sebagai salah satunya pengganti spons.

Pada saat pertama kali melihat loofah ini, kebanyakan orang akan salah mengira bahwa loofah berasal dari karang laut sebab teksturnya yang keras saat kering. Padahal, loofah tidak berasal dari lautan, melainkan ia adalah sayuran.

Untuk mengubah buah menjadi spons kering, kulit buah akan dikupas dan memperlihatkan jaringan serat dalam buah. Biji dari labu luffa akan dihilangkan, sehingga struktur berserat ini dapat dibersihkan, direndam, dan dikeringkan agar menjadi spons.

Lalu, apa saja keuntungan dari memakai loofah bagi pribadi dan alam? Berikut beberapa di antaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber