Tampil di Pameran Kopi Dunia di Amerika Serikat, UMKM Kopi Binaan BRI Tembus Pasar Internasional

UMKM kopi binaan BRI tampil di Specialty Coffee Expo AS, bukukan peluang ekspor dan perkuat daya saing kopi Indonesia di pasar global.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
PALTV.CO.ID- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menembus pasar internasional.
Wujud nyata komitmen tersebut terlihat dari dukungan BRI terhadap dua UMKM kopi binaannya yang berpartisipasi dalam ajang bergengsi Specialty Coffee Expo 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat pada 25–27 April 2025.
Melalui Kantor Perwakilan BRI New York, perseroan berkolaborasi dengan KBRI Washington DC lewat Atase Perdagangan untuk memfasilitasi Ci Kopi Mang Eko (Jawa Barat) dan Caldera Coffee (Sumatera Utara).
Keduanya mendapat booth khusus di Paviliun Indonesia untuk memperkenalkan kopi unggulan kepada audiens global sekaligus membuka peluang ekspansi ke pasar Amerika dan negara lain.
BACA JUGA:Tirta Sriwijaya Aquatic Club Meriahkan HUT ke-80 RI dengan Lomba Unik di Jakabaring
Specialty Coffee Expo yang digelar oleh Specialty Coffee Association (SCA) merupakan pameran kopi spesialti terbesar dunia. Tahun ini lebih dari 600 peserta hadir, dilengkapi 60 kuliah tematik, 20 lokakarya, serta program unggulan seperti Roaster Village, Cupping Exchange, Coffee Design Awards, hingga Best New Product Awards.
UMKM kopi binaan BRI tampil di Specialty Coffee Expo AS, bukukan peluang ekspor dan perkuat daya saing kopi Indonesia di pasar global.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
Ajang ini menjadi magnet utama bagi pemanggang kopi, importir, ritel, profesional F\&B, dan pencinta kopi dari seluruh dunia.
Selama tiga hari pameran, kedua UMKM binaan BRI aktif memperkenalkan produknya, mengikuti sesi cupping, hingga menjalin jejaring internasional.
UMKM kopi binaan BRI tampil di Specialty Coffee Expo AS, bukukan peluang ekspor dan perkuat daya saing kopi Indonesia di pasar global.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
Hasilnya, mereka berhasil mencatatkan potensi kesepakatan bisnis dengan nilai total mencapai USD 945.000, menjadi bukti bahwa kopi Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar global.
Kedua UMKM tersebut sebelumnya merupakan alumni program BRI UMKM EXPO(RT), yang membekali pelaku usaha bukan hanya dengan akses pembiayaan, tetapi juga pelatihan, pendampingan, serta fasilitas akses pasar global.
Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menegaskan bahwa keikutsertaan UMKM binaan di ajang internasional merupakan langkah nyata dalam mendorong UMKM naik kelas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber