Perlukah Shockbreaker Motor Diisi Ulang atau Langsung Diganti? Simak Penjelasannya!

Perlukah Shockbreaker Motor Diisi Ulang atau Langsung Diganti? Simak Penjelasannya!

Perlukah Shockbreaker Motor Diisi Ulang atau Langsung Diganti? Simak Penjelasannya!-fxquadro-freepik

Non-rebuildable (sealed unit): Tidak dapat dibuka, harus diganti ketika rusak.

Andi Prasetyo, mekanik bengkel resmi Suzuki di Jakarta menyampaikan,

“Sebelum isi ulang, kami pastikan dulu apakah shock tersebut bisa diservis. Kalau jenisnya sealed, lebih baik langsung diganti karena tidak aman jika dipaksakan.”

BACA JUGA:Sesuai Atensi Walikota, Sekda Gercep Tinjau Kerusakan Jalan Irigasi Macan Lindungan

BACA JUGA:Insentif Mobil Listrik, Investasi Strategis Menuju Indonesia Bersih, Mandiri, dan Inklusif

Proses Isi Ulang Shockbreaker

Pengisian ulang tidak bisa dilakukan sembarangan karena memerlukan alat khusus dan keahlian teknis:

1. Membongkar shock dari motor

2. Mengeluarkan oli atau gas lama

3. Memeriksa komponen internal

4. Mengisi oli/gas baru sesuai takaran

5. Merakit dan kalibrasi ulang

Jika tidak dilakukan dengan benar, performa shock bisa menurun drastis atau bahkan rusak.

Mana yang Lebih Hemat: Isi Ulang atau Ganti Baru?

Isi ulang umumnya lebih hemat, terutama jika Anda menggunakan shockbreaker jenis tabung yang mahal. Namun, jika kondisinya sudah parah atau shock tidak bisa diservis, mengganti baru adalah pilihan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber