Naik Kelas Berkat LinkUMKM BRI, Pengusaha Ini Sukses Perluas Usaha dan Inovasi Produk

Naik Kelas Berkat LinkUMKM BRI, Pengusaha Ini Sukses Perluas Usaha dan Inovasi Produk

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu meningkatkan skala bisnis dan memperluas usahanya.--Foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

PALTV.CO.ID- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu meningkatkan skala bisnis dan memperluas usahanya.

Salah satu program unggulan dalam upaya ini adalah platform digital LinkUMKM, yang hadir sebagai solusi menyeluruh bagi UMKM dalam mengakses pasar, pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan usaha.

Tak hanya menjadi wadah pertemuan antara pelaku usaha dan pembeli, LinkUMKM juga berfungsi sebagai ruang kolaborasi yang membentuk ekosistem bisnis inklusif dan berkelanjutan.

Dampak positif dari platform ini dirasakan langsung oleh Jelita Puspa Agustin, pelaku UMKM di bidang makanan sehat dengan brand Serela Food yang berbasis di Kalideres, Jakarta Barat. 

BACA JUGA:IPAL di Rusun Palembang Belum Merata, Warga Keluhkan Lingkungan Kumuh

BACA JUGA:Belkote Paints Satukan Tradisi dan Inovasi di IMX 2025 Semarang

Jelita memulai usahanya pada 2015 dengan menjual coklat karakter dan cereal bar. Seiring waktu, ia mengembangkan produknya menjadi berbagai makanan ringan seperti crispy brownies, cookies, sereal, dan dessert, yang dijual secara online melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, serta WhatsApp.

Pada 2022, Jelita bergabung dengan Rumah BUMN BRI untuk memperluas usahanya. Di sanalah ia mengenal LinkUMKM dan mulai memanfaatkan berbagai fitur pelatihan yang tersedia, termasuk Smart

UMKM—fitur unggulan yang menyediakan pelatihan digital tentang kompetensi usaha seperti kepemimpinan, inovasi, pemasaran, keuangan, hingga operasional.

Melalui Smart UMKM, Jelita dapat menganalisis posisi bisnisnya, memahami skala usaha, dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan demi mendongkrak daya saing.

“Setelah bergabung dengan LinkUMKM, saya belajar banyak hal, mulai dari strategi branding, logo, legalitas usaha, hingga kemasan. Saya juga mengikuti berbagai pelatihan, baik secara online maupun offline,” ujarnya.


PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu meningkatkan skala bisnis dan memperluas usahanya.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menjelaskan bahwa LinkUMKM adalah platform pemberdayaan yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM.

“Melalui LinkUMKM, pelaku usaha bisa mengakses fitur pemasaran digital, informasi pembiayaan, pelatihan kewirausahaan, hingga jaringan usaha yang lebih luas,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: