Penyembelihan Hewan Kurban Setelah Sholat Idul Adha, Ini Hadistnya

Penyembelihan Hewan Kurban Setelah Sholat Idul Adha, Ini Hadistnya

hewan kurban--(pixabay- Mathias_Beckmann)

PALEMBANG, PALTV. CO.ID- Memang benar bahwa hewan kurban sebaiknya disembelih setelah sholat Idul Adha. Hal ini berdasarkan hadis dari Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, sebagai berikut:

"Barangsiapa ingin menyembelih hewan qurban, maka janganlah ia menyentuh apapun dari kulit atau rambut atau hewan qurban sehingga telah menyembelihnya. 

Dan janganlah ia menyembelih pada hari ketiga (Idul Adha), kecuali jika ia tidak dapat menyelesaikan penyembelihan pada hari itu, maka biarkanlah hewan qurban tetap hidup hingga hari keempat. 

Dan barangsiapa yang menyembelih hewan qurban pada hari ketiga karena ingin mengikuti Sunnah Nabi, maka baiklah bagi mereka" (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Doa dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Ajaran Islam

BACA JUGA:Strategi Jangka Panjang, Mengatur Dana Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang sebaiknya menyembelih hewan qurban setelah sholat Idul Adha, yaitu pada hari yang disebut hari Tasyrik (hari ke-11, 12, dan 13 Dzulhijjah).

Namun, jika tidak dapat menyembelih pada hari itu, masih diperbolehkan menyembelih pada hari keempat Dzulhijjah. 

Namun, ini bukan berarti bahwa dilarang menyembelih hewan qurban pada hari lain di luar hari Tasyrik. Namun, jika memungkinkan, sebaiknya menyembelih pada hari yang disarankan di dalam agama sesuai dengan hadis di atas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber