Smart Grid Modern, Teknologi Terbaru untuk Efisiensi Energi

 Smart Grid Modern, Teknologi Terbaru untuk Efisiensi Energi

Diagram jaringan pintar. Jaringan komunikasi pintar, kota teknologi pintar, jaringan listrik pintar -vektor_makro-freepik

PALTV.CO.ID- Dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dan urbanisasi di seluruh dunia, kebutuhan akan energi listrik semakin meningkat.

Namun, sistem jaringan listrik konvensional sering kali tidak cukup tangguh untuk memenuhi lonjakan permintaan yang terus berkembang ini.

Jaringan tradisional juga tidak efisien dalam mengintegrasikan sumber energi terbarukan yang semakin menjadi fokus utama dalam transisi energi global.

Untuk menjawab tantangan ini, teknologi smart grid atau jaringan listrik pintar hadir sebagai solusi yang menawarkan efisiensi, keandalan, dan keberlanjutan yang lebih baik dibandingkan dengan sistem yang ada.

BACA JUGA: Film Horor 'Pulau Hantu' 2024, Ketegangan dan Isu Kesehatan Mental dalam Satu Cerita

BACA JUGA:2 Ruang Kelas SMP Negeri 42 Palembang Segera Diperbaiki

Smart grid adalah pengembangan dari sistem jaringan listrik yang memungkinkan distribusi energi secara lebih efisien melalui pemantauan dan pengelolaan yang canggih.

Berbeda dengan sistem listrik konvensional yang bekerja secara satu arah dari pemasok ke konsumen, smart grid mampu berfungsi dua arah.

Ini berarti informasi mengenai penggunaan listrik dapat dikumpulkan secara real-time dari pengguna dan disalurkan kembali ke penyedia energi untuk melakukan pengaturan distribusi.

Kemampuan ini sangat penting untuk memastikan bahwa pasokan listrik selalu seimbang dengan permintaan, sehingga dapat meminimalisir potensi pemborosan energi dan gangguan listrik.


Pemandangan kota dengan angka 1 di atasnya -stok_foto-freepik

Penerapan teknologi smart grid juga membuka pintu bagi integrasi yang lebih luas terhadap sumber energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin.

Sumber energi ini, meskipun ramah lingkungan, sering kali tidak dapat diprediksi karena bergantung pada kondisi cuaca.

Namun, dengan adanya smart grid, penyedia energi dapat dengan mudah memantau produksi energi dari sumber terbarukan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber