Asal Usul Nama Daerah Jakabaring Palembang

Asal Usul Nama Daerah Jakabaring Palembang

Jakabaring Sport City.-Irawan -paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jakabaring daerah yang ada di Kota PALEMBANG, Sumatera Selatan, dan dikenal sebagai kota olahraga, Jakabaring Sport City (JSC).

Predikat kota olahraga itu berdasarkan banyaknya fasilitas olahraga yang dibangun di kawasan Jakabaring. Dengan fasilitas memadai, Jakabaring kerap menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event olahraga bertaraf lokal Palembang, regional, nasional hingga internasional.

Nah, jika orang mendengar nama Jakabaring, sudah pasti ingatannya akan tertuju dengan komplek Jakabaring Sport City.

Namun, di balik nama Jakabaring itu sendiri tersimpan cerita yang tidak diketahui oleh banyak orang. Lalu bagaimana asal usul nama itu?

BACA JUGA:Video: Paraduta Cafe Hilangkan Kesan 'Sangar' Markas Kodim 0401 Muba

BACA JUGA:Polsek Indralaya Amankan Dzikir Akbar HUT ke-19 Kabupaten Ogan Ilir di Masjid Agung An Nur

Fatur Rahman salah satu tokoh masyarakat Jakabaring mengatakan, awalnya di wilayah Jakabaring ini hanya terdapat dua Kecamatan yakni Seberang Ulu I (SU I), dan Seberang Ulu II (SU II). Dalam perkembangannya,  kecamatan di Jakabaring bertambah satu lagi, yaitu Kecamatan Jakabaring.

Nah, nama Jakabaring ini ternyata bukan nama pahlawan atau tokoh setempat. Nama Jakabaring merupakan singkatan dari empat Suku, yakni Ja-Ka-Ba-Ring. Ja artinya Jawa, Ka artinya Kaba (sebutan orang Semendo), Ba artinya Batak, dan Ring yang artinya Komering. Pada saat itu, keempat suku itu yang paling banyak menghuni daerah tersebut.


Kawasan Jakabaring Sport City, Palembang.-Irawan -paltv.co.id

"Nama Jakabaring singkatan dari empat suku yakni Ja yang artinya Jawa, Ka artinya Kaba (sebutan orang Semendo), Ba artinya Batak, dan Ring yang artinya Komering. Pada saat itu,saat itu empat suku itu paling banyak tinggal di Jakabaring," ujar Fatur.

Sejak pembebasan lahan, kawasan Jakabaring ini pun menjadi lebih tertata dan sekarang dikenal bukan hanya nasional bahkan internasional.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id